7.083 Pelanggar Terkena Operasi Patuh Candi 2023, Pengguna Knalpot Brong Tinggi

7.083 Pelanggar Terkena Operasi Patuh Candi 2023, Pengguna Knalpot Brong Tinggi

Knalpot Brong--

RADAR TEGAL - Sebanyak 7.083 pelanggar terkena razia dalam Operasi Patuh Candi 2023 di wilayah hukum Kabupaten Tegal. Sebanyak 1.013 pelanggar di antaranya pengguna knalpot brong.

"Selama dua pekan pelaksanaan Ops Patuh Candi 2023, personel di lapangan berhasil menindak pengguna knalpot brong sebanyak 1.013 pelanggar," ujar Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK melalui Kasat Lantas AKP Erwin Chan Siregar SH SIK MH, Senin 24 Juli 2023.

Menurutnya, dari jumlah pelanggaran yang berhasil ditindak, selain penggunaan knalpot brong, pelanggaraan masih didominasi tidak menggunakan helm. Kemudian pengendara di bawah umur.

AKP Erwin mengaku jika penindakan pengguna knalpot brong masih menunjukkan angka yang tinggi.

"Semoga ke depan ada peningkatan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di wilayah hukum Polres Tegal. Dan selama pelaksanaan Ops Patuh Candi 2023, personel di lapangan selalu mengedepankan giat edukatif dan persuasif, serta humanis didukung gakkum lantas menggunakan etle (statis, mobile, dan hand held)," ungkapnya. 

BACA JUGA:Operasi Patuh Candi 2023 Berakhir, Satlantas Polres Brebes Tilang 2.300 Pelanggar dan Sita 1.356 Knalpot Brong

Lebih lanjut dikatakannya, selama pelaksanaan Ops Patuh Candi 2023, terjadi 4 insiden kecelakaan ringan di wilayah hukumnya dan tidak ada korban jiwa. Pihaknya juga mengungkapkan, bahwa permasalahan di bidang lalu lintas, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis, dan hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah penduduk.

“Salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan merupakan prioritas yang pertama dan utama dalam berlalu lintas," cetusnya.

Menurutnya, keselamatan berlalu lintas memang sering diabaikan, bahkan tidak dianggap penting. Kesadaran pengguna lalu lintas, baik pejalan kaki, pengendara kendaraan bermotor, dan pengguna jalan lainnya masih rendah. 

Pihaknya masih menemukan pengendara yang melawan arus lalu lintas, melanggar rambu, marka jalan, dan sebagainya.

Operasi Patuh Candi 2023 yang baru saja rampung, dia harapkan bisa menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas. ***

Sumber: jateng.disway.id