Jembatan Desa Kupu di Tegal Ambruk, Alat Berat Beko Terjebak di Bagian Tengahnya

Jembatan Desa Kupu di Tegal Ambruk, Alat Berat Beko Terjebak di Bagian Tengahnya

Alat berat beko terjebak di tengah jembatan yang ambruk (Teguh Mujiarto/radartegal.com)--

RADAR TEGAL- Lantaran tak kuat menahan beban alat berat beko, jembatan Di Desa Kupu Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal ambruk, Minggu 23 Juli 2023 malam. Akibatnya, jembatan tersebut kini tidak dapat dilalui kendaraan apapun.

Sementara alat beko yang semula mencoba melewatinya, masih terjebak di tengah-tengah jembatan. Warga pun harus memutar untuk bisa beraktivitas sehari-hari.

Salah satu warga Nano mengatakan awalnya beko tersebut hendak menuju ke truk yang mengangkutnya di seberang sungai. Sehingga, itu melaju dari arah timur ke barat melalui jembatan tersebut. 

"Beko tersebut berjalan dari arah timur ke barat hendak menuju ke truk yang mengangkutnya. Sebab, truk yang akan mengangkutnya pun sudah datang,"katanya.

Namun, kata Nano, jembatan tiba-tiba jembatan ambruk saat beko masih berada di atasnya. Dugaannya, karena tidak kuat menahan beban beko tersebut 

"Kemungkinan tidak kuat menahan beban sehingga tiba-tiba ambruk dan menimbulkan suara yang cukup keras.,"ujarnya.

Menurut Nano, dia tidak mengetahui persis kemampuan jembatan. Namun dari penuturan warga lainnya, itu bisa menahan beban hingga 25 ton.

"Kalau pastinya saya tidak tahu. Tetapi kalau menurut keterangan warga di sini jembatan ini mampu menahan beban 25 ton,"ujarnya.

Jembatan tersebut termasuk, kata Nano, termasuk jembatan baru. Sebab, baru selesai dibangun pada 2022 lalu. Burung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

"Alhamdulillah, sopir beko selamat jadi tidak ada korban,"tandasnya. 

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, petugas menutup jembatan dengan palang kayu di sisi timur dan selatan. Adapun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. ***

 

Sumber: