Bukan Bernasib Malang, Ini Asal Usul dan Makna Nama Kota Malang

Bukan Bernasib Malang, Ini Asal Usul dan Makna Nama Kota Malang

--by aboutmalang.com

RADAR TEGAL - Kota Malang merupakan sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Timur.  Kota Malang menjadi kota terbesar nomor dua di Jawa Timur dan terbesar ke-12  di Indonesia. 

Kota Malang sudah ada sejak 1 Margasira 682 saka atau 28 November 760 Masehi dan sekarang akan memasuki usia 1.263 tahun. 

Kota Malang didirikan pada masa Kerajaan Kanjuruhan, letak Kota Malang ini berada di dataran tinggi sehingga Kota Malang memiliki udara yang sejuk. 

Asal usul nama Kota Malang ini mungkin menjadi satu hal menarik dari kota yang khas dengan kuliner baksonya ini. Anda pasti penasaran mengapa kota ini dinamakan Malang.

Kota Malang memiliki berbagai julukan, antara lain Kota Apel, Kota Pendidikan, dan Kota Bunga.

Selain itu, Kota Malang juga menduduki posisi ketiga kota tertua di Indonesia. Sebagai kota tertua pasti ada makna dan asal usul dari penamaan kota tersebut.

BACA JUGA:Mengejutkan! Ini 5 Kota Tertua di Indonesia, Semuanya Sudah Berusia 1.000 Tahun

Asal Usul Nama Kota Malang

Asal-usul penamaan Kota Malang sampai sekarang masih diperdebatkan oleh para ahli sejarah. Setidaknya ada dua versi mengenai penamaan Kota Malang. 

Terdapat dua versi penamaan Kota Malang, yaitu berkaitan dengan Malangkucecwara dan misi kekuasaan Kerajaan Mataram. 

Versi pertama merujuk pada nama sebuah bangunan suci bernama Malangkucecwara yang berarti Tuhan akan membantu kita menaklukkan yang jahat, tetapi para ahli masih belum memperoleh kesepakatan di mana bangunan tersebut berada.

Malangkucecwara disebut dalam prasasti milik Raja Balitung dari Mataram Kuno, yaitu Prasasti Mantyasih pada tahun 907 Masehi. 

BACA JUGA:Memiliki Arti Genangan Air, Ini Asal Usul Nama dan Sejarah Kota Palembang  

Versi yang kedua merujuk pada sebuah kisah Kesultanan Mataram yang hendak menaklukkan wilayah Malang pada tahun 1614. Sultan Agung ingin menaklukkan seluruh pulau Jawa dan berada di bawah satu Kesultanan, yaitu Kerajaan Mataram.

Sumber: youtube.com/data fakta