Kampung Indonesia di Luar Negeri: dari Amerika hingga Korea Selatan

Kampung Indonesia di Luar Negeri: dari Amerika hingga Korea Selatan

-Sibuk Liburan-

RADAR TEGAL  –  Kampung Indonesia di luar negeri merupakan sebuah fenomena unik yang mencerminkan semangat kebersamaan dan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap budaya dan identitas bangsa.

Secara sederhana, kampung Indonesia di luar negeri adalah komunitas yang terbentuk oleh warga Indonesia yang tinggal atau bekerja di negara-negara asing.

Di dalam kampung Indonesia di luar negeri ini, mereka berusaha mempertahankan tradisi, budaya, dan juga bahasa daerah mereka sebagai bentuk menjaga jati diri dan semangat persatuan.

Nah, berikut ini adalah 4 kampung Indonesia di luar negeri yang dilansir dari kanal YouTube Larasati Channel oleh Radar Tegal.  

BACA JUGA:Kampung Unik Negeri Di Awan Desa Dieng Kulon Banjarnegara, Bangun Desa Wisata Bangkitkan Ekonomi Warga

Kampung-kampung Indonesia di luar negeri

Kampung Surabaya di Amerika Serikat

Kampung Surabaya terletak di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat. Tempat ini didominasi oleh arek-arek Suroboyo yang merantau ke sana, terutama saat terjadi krisis moneter di Indonesia pada tahun 1998. 

Di kampung Surabaya ini, mereka masih menggunakan bahasa Jawa untuk percakapan sehari-hari. Di kampung ini juga terdapat beberapa restoran khas Indonesia yang cocok bagi para penduduk Indonesia yang merantau dan merindukan cita rasa khas nusantara.

Kampung Bali di Tiongkok

Kampung Indonesia di luar negeri selanjutnya adalah Kampung Bali yang berada di Nansan, Quanzhou, Fujian, Republik Rakyat Tiongkok. 

Di kampung ini, budaya Bali begitu kental karena dihuni oleh orang-orang keturunan Bali, bahkan mereka masih berkomunikasi dengan bahasa Bali. 

Saat berkunjung ke sana, kita akan disambut dengan gapura besar bertuliskan "Selamat datang ke Kampung Bali".

BACA JUGA:Kampung Unik Kampung Warna-Warni Jodipan Di Malang,Dahulu Kumuh Penuh Sampah dan Kini Jadi Desa Wisata

Sumber: larasati channel