Fakta Unik Suku Samin: Memahami Filosofi Hidup dan Kebersamaan

Fakta Unik Suku Samin: Memahami Filosofi Hidup dan Kebersamaan

-phinemo-http://phinemo.com/

RADAR TEGAL — Di pedalaman Blora, Jawa Tengah, terdapat Suku Samin, sebuah suku yang masih mempertahankan tradisi, budaya, serta kearifan lokalnya hingga saat ini. 

Dalam berbagai aspek kehidupan, fakta unik Suku Samin ini menjadi ciri khas yang membedakan mereka dari masyarakat umum. 

Walaupun jumlah penduduknya tidak banyak, Suku Samin menjadi bagian dari keanekaragaman budaya Indonesia yang menarik untuk dibahas, terlebih mengenai fakta unik Suku Samin.

Berikut adalah informasi mengenai fakta unik Suku Samin yang dilansir dari kanal YouTube Larasati Channel oleh Radar Tegal.  

BACA JUGA:Seni Rajah Tertua: Mengenal Tato Suku Mentawai di Sumatra Barat

Fakta-fakta unik Suku Samin di Blora

Asal nama Suku Samin

Sejarah Suku Samin bermula dari tokoh bernama Ki Samin Surosentiko atau dikenal juga sebagai Raden Kohar yang lahir di Klopodhuwur, Blora pada tahun 1859. 

Di masa penjajahan dulu, Ki Samin Surosentiko dianggap sebagai penjahat karena perlawanannya kepada pemerintah Belanda, tetapi masyarakat setempat menganggapnya sebagai sosok yang dihormati dan mulia. Dari situlah muncul nama "Samin" yang kini dikenal sebagai Suku Samin.

Ajaran sedulur sikep

Fakta unik Suku Samin berikutnya adalah Saminisme, ajaran yang tersebar di kalangan suku ini. Salah satu sikap yang diajarkan adalah sedulur sikep

Makna ajaran ini adalah bahwa Suku Samin mengutamakan perlawanan tanpa senjata dan kekerasan.

Akar dari ajaran ini berawal dari tindakan mereka yang tidak membayar pajak dan menolak mentaati peraturan pemerintah kolonial Belanda hingga penjajahan Jepang. 

Sikap ini seringkali dianggap mengganggu dan bahkan terkadang masih dirasakan hingga saat ini. 

Sumber: larasati channel