Usai Dilantik Walikota Tegal, 29 Kepala SD Diminta Tingkatkan Kompetensinya

Usai Dilantik Walikota Tegal, 29 Kepala SD Diminta Tingkatkan Kompetensinya

Walikota Tegal melantik Kepala SD--

TEGAL, radartegalonline – Walikota Tegal, Dedy Yon Supriyono meminta agar para guru dan Kepala Sekolah dapat meningkatkan kompetensinya. Itu, mengingat Pendidikan merupakan kebutuhan dasar yang cukup kompleks.

Dengan peningkatan kompetensi itu, harapannya anak didik juga akan menjadi cerdas. Itu, Dedy Yon sampaikan saat melantik 29 Kepala SD dan menyerahkan SK pengangkatan 276 ASN PPPK, Selasa 18 Juli 2023.

Para Kepsek yang Walikota lantik tersebut terdiri dari Rotasi Penugasan Kepala Sekolah sejumlah 7 orang. Sedangkan Pengangkatan Kepala Sekolah Periode Pertama sebanyak 22 orang, sementara para ASN PPPK berasal dari formasi 2022 lalu.

Dedy Yon salam sambutanya menyampaikan selamat atas amanat dan tanggung jawab kepada kepala sekolah tersebut. Demikian juga dengan penerima SK sebagai guru P3K.

“Ini adalah tugas yang mulia, yang tidak semua orang sanggup melaksanakannya,"katanya.

Menurut Dedy Yon ada begitu banyak program dalam bidang Pendidikan. Antara lain sekolah penggerak, menjadi pengajar praktik bagi guru penggerak, kampus mengajar dan masih banyak lagi lainnya.

“Semua bidang tujuannya untuk menciptakan profil pelajar Pancasila yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Serta berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis berkebhinekaan global, bergotong-royong dan kreatif,”ujarnya.

Dedy Yon menambahkan, pendidikan merupakan kebutuhan dasar yang cukup kompleks. Karenanya, kepala sekolah dan guru menjadi garda terdepan sekaligus harus mampu menjadi agen perubahan dalam pendidikan.

“Saya juga mengingatkan para guru dan Kepsek untuk selalu meningkatkan kompetensinya. Samakan persepsi kita bahwa jika gurunya kompeten, cerdas dan bijaksana, maka anak didiknya akan menjadi cerdas.

Selain itu, imbuh Dedy Yon, terapkan dengan baik ilmu yang sudah diperoleh sebagai kepala sekolah dan guru di tempat tugas bapak/ibu dengan baik. Untuk selanjutnya, segera beradaptasi dengan tempat tugas yang baru.

“Pelajari lingkungan sekitar, buat langkah-langkah perubahan nyata yang lebih baik,"pungkasnya. ***

Sumber: