Air Sebening Kaca di Gua Hawang: Keindahan Alam yang Menakjubkan

Air Sebening Kaca di Gua Hawang: Keindahan Alam  yang Menakjubkan

-malukutenggarakab.go.id -

RADARTEGAL.DISWAY.ID –  Keindahan alam Indonesia tak pernah habis untuk dijelajahi. Salah satu dari sekian banyak keajaiban alamnya adalah Gua Hawang.

Gua Hawang merupakan salah satu objek wisata populer di desa Letvuan, Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku.

Gua Hawang ini menawarkan keindahan alam yang cocok bagi Anda yang gemar berenang, terutama berenang di dalam gua dengan air sebening kaca. 

Berikut adalah informasi mengenai Gua Hawang yang dilansir dari kanal YouTube infoDex Media oleh radartegal.disway.id.  

BACA JUGA:5 Pulau Cantik yang Tersembunyi di Indonesia, Ada yang Lebih Cantik dari Maldives, loh!

Keindahan tersembunyi Gua Hawang di Pulau Kei

Keindahan alam di dalam Gua Hawang

Gua Hawang memiliki lantai yang sepenuhnya adalah air, air yang sangat jernih sehingga bisa langsung melihat dasar gua. Air kolamnya yang sejuk nan jernih memberikan rasa ketentraman tersendiri. 

Begitu tiba, Anda dapat langsung melihat bebatuan besar yang tampak terukir alami, menggantung di mulut gua, berbentuk seperti ujung tombak berbalut pantulan sinar matahari yang indah menyambar dinding gua.

Dalam bahasa lokal Kei, Hawang artinya setan. Jadi, gua ini dikenal juga dengan sebutan gua setan. Gua Hawang digenangi air yang sangat jernih dan biru bak kaca yang berasal dari Mata Air Evu, yaitu sumber mata air terbesar di Kepulauan Kei. Siapapun bisa tergoda untuk berenang bila melihatnya.

Kedalaman air gua ini sekitar 1 sampai 3 meter, tergantung kondisi pasang surut. Pengunjung yang mengunjungi gua ini diperbolehkan untuk berenang, menyelam, dan masuk ke dalam lubang-lubang yang tembus satu sama lain. 

Sembari menikmati airnya yang jernih, pengunjung akan dibuat terpukau akan keindahan gua, dengan stalaktit dan stalagmit yang menempel di langit maupun dindingnya.

Fasilitas dan akses yang ada di Gua Hawang

Akses dari area parkir untuk masuk ke dalam Gua Hawang sudah cukup baik sehingga pengunjung dapat berjalan dengan nyaman. Kamar bilas dan toilet pun telah tersedia di dekat lokasi parkir. 

Sumber: infodex media