Mengenal Bioskop Subur yang Sempat Berjaya Pada Massanya di Brebes

Mengenal Bioskop Subur yang Sempat Berjaya Pada Massanya di Brebes

Screenshot Gedung Bioskop Subur. (IG @brebesnesia) --

BREBES, radartegal.disway.id - Sejumlah bioskop di Kabupaten Brebes sempat berjaya pada masanya. Salah satunya, Bioskop Subur yang berada di Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Brebes, Kecamatan Brebes.

Sejarawan sekaligus Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Brebes Wijanarto menuturkan, pada masanya, dulu ada sejumlah bioskop yang berjaya di Kabupaten Brebes. Seperti bioskop Subur di Jalan Suprapto dan bioskop Sanjaya di Jalan Jenderal Sudirman di Kecamatan Brebes. Kemudian ada juga bioskop di Kecamatan Jatibarang, Kecamatan Tanjung, Kecamatan Losari dan Kecamatan Bulakamba tepatnyabdi Komplek Pasar Banajratma.

"Dahulu, di pusat perkotaan Kabupaten Brebes ada dua bioskop yang terkenal. Yakni Bioskop Subur dan Bioskop Sanjaya," ujarnya, Kamis, 20 Juli 2023.

Wijanarto mengatakan, Bioskop Subur merupakan salah satu tempat yang menjadi favorit bagi masyarakat. Khususnya, mereka yang menyukai karya semotografi.

"Jadi sebenarnya budaya populer di Kabupaten Brebes ini sudah ada sejak dahulu. Walaupun waktu itu tidak ada societiet," jelasnya.

Yang membuat menarik dari Bioskop subur, kata Wijanarto, yakni memiliki fans atau penggemar tersendiri. Terutama saat Film India, Bioskop Subur banyak memiliki penggemar.

"Kemudian pas hari-hari libur, Bioskop Subur banyak sekali pengunjungnya. Apalagi, tiket masuk Bioskop Subur terhitung sangat murah. Sehingga, banyak penontonnya," ucapnya.

Yang menarik lagi, dalam setiap promo film di Bioskop Subur, lanjutnya, mereka menggunakan mobil keliling, radio hingga poster lukisan. Dan inilah yang menarik masyarakat untuk menontonnya.

"Sebelum menonton itu, masyarakat melibat dan mendapatkan informasi jam tayang lewat poster, radio dan mobil keliling," tuturnya.

"Dan Bioskop Subur juga pernah menyiarkan Film G30S/PKI. Ini yang menarik para warga untuk menonton," lanjutnya.

Salah seorang warga yang sempat menonton di Bioskop Subur yakni Toto. Dia mengaku, saat itu, dia menonton di Bioskop Subur dengan tiket masuk saat itu Rp150 hingga Rp300 ekstra show yang jadwal tayangnya Sabtu dan Minggu. 

"Saat itu saya masih inget nonton di Bioskop Subur itu tiketnya Rp150 hingga Rp300 di ekstra show. Yang tanyangnya pda Sabtu dan Minggu. Dan waktu itu saya masih SMA," tuturnya.

Hal senada disampaikan Dinu. Dia mengaku sempat menonton di Bioskop Subur pada 2005 lalu. Saat itu, tiket masuk ke Bioskop Subur harnya Rp5.000.

"Zaman dulu itu sering nontonnya laga. Saat itu, saya masih SMP. Dan saat nonton iu rombongan sama teman-teman," tukasnya.***

Sumber: