Unik! 5 Fakta Menarik Nusa Tenggara Timur yang Wajib Anda Tahu

Unik! 5 Fakta Menarik Nusa Tenggara Timur yang Wajib Anda Tahu

--by kelimutu.id

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Nusa Tenggara Timur merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian Tenggara Indonesia.

Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan wilayah kepulauan yang terdiri dari 1.192 pulau. Provinsi ini memiliki luas sebesar 47.932 km² dengan jumlah penduduk kurang lebih 5,4 juta jiwa.

Dibalik kelebihan itu, Nusa Tenggara Timur masih menduduki posisi ketiga provinsi termiskin di Indonesia. Artinya perlu dilakukan upaya untuk memperbaiki perekonomian penduduk Nusa Tenggara Timur. 

Fakta tersebut tentu sangat mengejutkan karena Nusa Tenggara Timur terkenal dengan wisatanya yang sudah mendunia, seharusnya perekonomian di sana bisa lebih baik. 

Namun, masih ada fakta lain tentang Nusa Tenggara Timur yang wajib Anda ketahui. Yuk, langsung saja Anda simak artikel berikut ini. 

BACA JUGA:Ini 10 Provinsi Termiskin di Indonesia, Papua Masih Menduduki Posisi Pertama

Fakta Menarik Nusa Tenggara Timur 

1. Memiliki Seribu Pulau

Nusa Tenggara Timur merupakan provinsi kepulauan yang memiliki 1.192 pulau, tetapi hanya ada 432 pulau bernama yang dihuni, yaitu Pulau Flores, Pulau Sumba, Pulau Timor, Pulau Alor, Pulau Sabu, Pulau Rote, dan pulau lainnya. Selain itu, ada 42 tanpa nama yang dihuni dan ada 1.150 pulau tidak dihuni. 

2. Beriklim Tropis Kering

Iklim di daerah Nusa Tenggara Timur termasuk  tropis kering dengan musim kemarau yang cukup panjang, yaitu sekitar 8 bulan per tahun dengan penyebaran curah hujan yang tidak merata. 

3. Bermata Pencaharian sebagai Petani, Peternak, dan Nelayan 

Sebagian besar penduduk Nusa Tenggara Timur bertahan hidup dengan bertani, beternak, dan nelayan.

Nusa Tenggara Timur menjadi daerah penghasil jagung, padi, kopi, kacang-kacangan, dan umbi-umbian.

Sumber: youtube.com/support