5 Fakta Unik Karambit, Senjata Tradisional Asli Tanah Sumatera yang Sudah Mendunia

5 Fakta Unik Karambit, Senjata Tradisional Asli Tanah Sumatera yang Sudah Mendunia

Fakta Unik Karambit Senjata Asal Minangkabau yang Mendunia--

TEGAL, radartegal.disway.id - Fakta unik karambit, sebuah senjata tradisional asal Minangkabau Indonesia.

Karambit merupakan senjata kecil asal tanah Minangkabau Indonesia. berbentuk menyerupai celurit tapi berbentuk kecil, senjata ini dahulunya dipakai sebagai alat bertani.

Namun siring dengan perkembangan zaman, Karambit mulai digunakan sebagai alat pertahanan diri. Bahkan Tentara Nasional Indonesia (TNI) mulai menggunakan Karambit sebagai senjata terakhir ketika senjata utama hilang atau kehabisan amunisi peluru.

Nah, tak hanya di Indonesia kepopuleran Karambit huga merambak ke kancah luar negeri. Rupanya kepopuleran dari Karambit membuat orang-orang di luar negeri tertarik dengan senjata asli tanah Sumatera Barat ini.

Selain dari kepopuleran senjata ini di luar negeri, ternyata Karambit atau Kerambit memiliki beberapa fakta unik loh. Penasaran dengan fakta uniknya? simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA:Racunnya Mematikan! Begini Cara Suku Mentawai Membuat Senjata Tradisionalnya

Fakta Unik Senjata Karambit

1. Dahulu dipakai sebagai alat bertani

Karambit mulanya diciptakan untuk bertani. Pada awal abad ke-11 Masehi alat ini muncul dan diciptakan untuk membantu para petani mengurus ladang sawah mereka.

Bentuknya yang melemgkung membuat Karambit praktis dipakai untuk mebersihkan ladang dari tumbuhan liar yang mengganggu pertumbuhan ladang. Karambit juga bisa digunakan sebagai alat untuk membersihkan akar dari tumbuhan liar yang biasanya menyerang dan menjalar mengganggu kesuburan ladang, serta menjadi parasit uang tidak bagus untuk tumbuhan ladang.

2. Menjadi senjata yang mematikan

Tidak diragukan lagi ke efektifan dari Karambit yang bisa melimpuhkan lawan hanya dengan serangan sederhana. Dengan mata pisau yang tajam dan bentuknya melengkung membuat senjata ini praktis disimpan dan dibawa kemanan saja.

Karena bentuknya yang kecil dan parktis dibawa kemanan saja tak heran Tentara Nasional Indonesia atau TNI menggunakan Karambit sebagai senjata pertahanan terakhir.

3. Karambit diubah kedalam bentuk tang lebih modern

Sumber: ngopibareng.id