Terdampak Proyek Pelebaran Jalan, Warning Light Kawasan Anoa Slawi Tegal Terpaksa Digeser

Terdampak Proyek Pelebaran Jalan, Warning Light Kawasan Anoa Slawi Tegal Terpaksa Digeser

Petugas sedang menggeser lampu Warning Light di kawasan Jalan Anoa Slawi yang terdampak proyek pelebaran jalan.-Hermas Purwadi-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Proses pergeseran lampu warning light  (WL) diarel Jalan Anoa Trayeman Slawi Kabupaten Tegal dilakukan bidang sarpras perlengkapan jalan Dinas Perhubungan

Eksekusi lampu warning lite ini dilakukan sejalan dengan adanya proyek pelebaran jalan yang kini sedang dilakukan Dinas PUPR.

Kepala Dinas Perhubungan Muhammad Budi Eko Setyawan melalui Kabid Sarpras Perlengkapan Jalan, Waedi menyatakan, proyek pelebaran jalan yang dilakukan Dinas PUPR bagian kanan dan kiri sepanjang 1 meter memaksa keberadaan lampu WL dipindahkan. 

"Kami memindahkan lampu WL ini untuk mendukung program pelebaran jalan yang dilakukan Dinas PUPR dikawasan tersebut. Saat ini sedikitnya  ada 60 lampu WL yang terpasang di wilayah Kabupaten Tegal," ujarnya Senin 17 Juli 2023.

BACA JUGA:LUAR BIASA! Kapolres Pimpin Langsung Pengawalan Kepulangan Jemaah Haji Kabupaten Tegal

Waedi menyatakan, lampu warning ligth digunakan untuk memberi peringatan pengguna jalan agar melaju dengan hati-hati pada situasi lalu lintas yang dapat berpotensi bahaya. 

"Tujuannya untuk memberikan rambu pengguna jalan agar lebih berhati-hati saat berkendara. Selama ini pemasangan lampu WL lebih difokuskan pada jalan yang sering dilalui kendaraan besar, agar pengguna jalan lebih berhati-hati serta tidak kebut-kebutan," cetusnya.

Dia menegaskan bahwa fungsi lampu WL adalah alat perlengkapan jalan guna mendukung terciptanya ketertiban serta keselamatan dalam berlalu lintas. 

Terutama di jalur dimana kondisi lalu lintas yang padat kendaraan serta rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas. 

BACA JUGA:Di Kabupaten Tegal, Banyak Warga yang Belum Tahu Pelaksanaan Pemilu

"Untuk proses perawatan dan pemeliharaan lampu WL kami lakukan secara berkala. Perawatan selama ini meliputi pengecekan arus listrik pada lampu-lampu yang ada dan juga pe-resetan mesin atau penggantian komponen dari mesin warning light tersebut," ungkapnya. 

Dengan adanya pemeliharaan ini, warning light yang rusak ataupun error bisa diperbaiki dan bisa berfungsi sebagaimana mestinya. *

Sumber: