Prioritaskan Penindakan Elektronik, Polisi di Tegal Masih Temukan Pelanggaran Ini di Jalan

Prioritaskan Penindakan Elektronik, Polisi di Tegal Masih Temukan Pelanggaran Ini di Jalan

--

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Prioritaskan penindakan elektronik, polisi di Tegal masih menemukan pelanggaran berupa tidak menggunakan helm saat berkendara. Padahal, helm tersebut sangat penting untuk menjaga keselamatan.

Diketahui, Kepolisian Republik Indonesia Daerah Jawa Tengah telah menggelar Operasi Patuh Candi 2023. Sasarannya adalah sejumlah pelanggaran lalu lintas seperti tidak menggunakan helm dengan memprioritaskan penindakan secara elektronik maupun manual. 

Saat operasi di Tegal, petugas masih kerap mendapati warga memboncengkan anaknya tidak menggunakan helm. Padahal, penggunaan helm itu untuk keselamatan dengan mencegah fatalitas akibat kecelakaan.

Selama giat operasi, kata Iptu Pranoto, jajarannya memprioritaskan penindakan secara tilang elektronik. Namun, tilang manual juga masih tetap berlaku, jika petugas mendapati pelanggaran kasat mata seperti tidak mengenakan helm.

“Penindakan secara manual juga tetap berlaku, apabila petugas menjumpai pelanggaran kasat mata pada saat berpatroli. Seperti penggunaan knalpot brong dan tidak menggunakan helm,” ujar KBO Satlantas Iptu Rekso Pranoto, Rabu, 12 Juli 2023. 

BACA JUGA:Terjaring Operasi Patuh Candi 2023, Pengendara di Pemalang Malah Dapat Hadiah Telur Ayam dari Polisi

Karenanya, jajaran Satlantas Polres Tegal Kota menggelar sosialisasi pentingnya menggunakan helm di lingkungan Terminal Kota Tegal, Rabu 12 Juli 2023 siang. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya preventif Operasi Patuh Candi 2023.

Usai memimpin sosialisasi, Iptu Pranoto mengatakan, pihaknya yang tergabung dalam satgas preventif melaksanakan sosialisasi Operasi Patuh Candi 2023. Dengan sasaran pengendara baik roda dua maupun roda empat yang berada pada lingkungan sekitar terminal.

“Kegiatan sosialisasi ini berupa imbauan kepada para warga masyarakat pengguna jalan,”katanya.

Tujuannya, kata Iptu Pranoto, agar masyarakat khususnya yang biasa beraktivitas di terminal selalu mematuhi peraturan lalu lintas. Apalagi saat ini tengah berlangsung Operasi Patuh Candi 2023 yang menyasar pelanggaran fatalitas kecelakaan.

“Saat ini kita sedang gencar melaksanakan penindakan terhadap pelanggar fatalitas kecelakaan dalam rangka Operasi Patuh Candi 2023,” jelas KBO Lantas.

BACA JUGA:Gelar Operasi Selama Dua Pekan, Polisi Sasar Pelanggaran yang Kasat Mata

Sejauh ini, ujar Iptu Pranoto, berdasarkan pantauan petugas, masih banyak masyarakat yang memboncengkan anaknya tanpa menggunakan helm. Karenanya, sosialisasi operasi patuh candi ini, salah satu sasarannya adalah tentang penggunaan helm.

“Menggunakan helm adalah untuk keselamatan, termasuk bagi anak-anak mereka. Apalagi anak yang masih kecil tentunya harus kita lindungi keselamatannya,”tandas KBO Lantas.

Sumber: radartegal.com