Dibangun Pemerintah Pusat 2021, Taman Gumelem Pemalang Belum Diserahterimakan ke Pemda

Dibangun Pemerintah Pusat 2021, Taman Gumelem Pemalang Belum Diserahterimakan ke Pemda

Rombongan Ditjen Cipta Karya BPPW Jawa Tengah, saat meninjau hasil pembagunan Taman Gumelem Program Pemerintah Pusat di Kabupaten Pemalang.-Agus Pratikno-

PEMALANG, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Taman Gumelem Program Kotaku dari Pemerintah Pusat di Kelurahan Mulyoharjo Kabupaten Pemalang hingga sekarang belum diserahterimakan ke pemerintah daerah (Pemda). Padahal pembangunan taman tersebut sudah selesai pada tahun 2021 lalu.

Taman Geumelem Pemalang dibangun pemerintah pusat untuk mengatasi pemukiman kumuh. Pembangunan tersebut rupanya sangat berhasil. 

Buktinya, Dukuh Gumelem Kelurahan Mulyoharjo yang semula tampak kumuh, sekarang terlihat bersih dan indah dengan adanya program Kotaku tersebut. 

Namun sayangnya keberhasilan program tersebut sepenuhnya milik Pemda Pemalang. Sebab belum ada serahterima antara pemerintah pusat dan Pemda sejak dibangun 2021 lalu hingga sekarang. 

BACA JUGA:Disdikbud Pemalang Segera Perbaiki Gedung SD Negeri 01 Bojongnangka yang Ambruk

Informasinya serahterima Taman Gumelem hingga sekarang belum selesai, karena masih dalam proses.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Pemalang melalui Lusi mengatakan, Taman Gumelem ini masih dalam proses serahterima dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah.

Menurutnya, proses serahterima hasil pembangunan taman ini cukup lama, karena harus mendapat rekomendasi dari Presiden RI. 

"Taman Gumelem ini belum serah terima, karena hingga sekarang masih dalam proses. Mengingat proyek ini nilainya diatas Rp10 miliar, maka yang harus mengeluarkan rekomendasi adalah presiden," katanya kepada Radar Tegal saat mendampingi Petugas Ditjen Cipta Karya BPPW Jawa Tengah. 

BACA JUGA:Giliran Sekretaris DPRD Pemalang Ditahan KPK, Diduga Bayar Rp100 Juta untuk Suap Jual Beli Jabatan

Dari hasil pantauan Radar Tegal di lokasi, Taman Gumelem saat ini menjadi pusat kunjungan warga. 

Bahkan ramai banyak pedagang kaki lima yang mangkal di taman tersebut. Tidak hanya itu, pemukiman warga di Dukuh Gumelem Kelurahan Mulyoharjo yang semula tampak kumuh, sekarang sudah tertata dengan baik dan rapi.

Ramainya masyarakat yang berkunjung di taman itu, mampu mengubah perekonomian warga sekitar. Sebab banyak warga yang rumahnya berada di sekitar taman ikut berjualan, sehingga dapat menambah pendapatan mereka. *

Sumber: