Targetkan 13 Perda, Ketua DPRD Kota Tegal Singgung Tahapan Kampanye Pemilu 2024

Targetkan 13 Perda, Ketua DPRD Kota Tegal Singgung Tahapan Kampanye Pemilu 2024

Ketua DPRD Kusnendro--

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Menargetkan ada 13 peraturan daerah (perda) Kota Tegal yang terbentuk di tahun 2023, Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro menyinggung soal tahapan kampanye Pemilu 2024. Dia berharap, pembahasan perda itu akan rampung pada Oktober 2023 sebelum memasuki masa kampanye tersebut.

“Harapannya, sebelum tahapan kampanye Pemilu 2024 itu sudah selesai,”kata Kusnendro, Jumat, 7 Juli 2023.

Meski begitu, kata Kusnendro, jika tidak memungkinkan maka harapannya ada 10 perda yang telah terbentuk. Sebab, dari jumlah itu ada dua yang membutuhkan tenaga ekstra karena harus melibatkan sejumlah pihak.

“Paling tidak ada 10 perda yang terbentuk karena memang ada 2 perda yang perlu melibatkan sejumlah pihak,”ujarnya.

Kusnendro menambahkan, khusus untuk APBD murni 2024, harapannya sudah ada penetapan sebelum November 2023. Sebab, bulan itu sudah memasuki masa kampanye sehingga tugas pokok DPRD tidak terganggu.

“Dalam waktu dekat kita akan akan melakukan pembahasan terkait dengan evaluasi gubernur tentang hasil penetapan Perda LPP APBD 2022 dan KUA PPAS 2024. Harapannya, November 2023 pembahasan APBD 2024 sudah selesai,”tandasnya.

BACA JUGA:Giliran Sekretaris DPRD Pemalang Ditahan KPK, Diduga Bayar Rp100 Juta untuk Suap Jual Beli Jabatan

Selain itu, DPRD juga menargetkan pembahasan APBD 2024 akan rampung pada November 2024. Sehingga, tupoksi anggota DPRD bisa terlaksana dengan baik.

Adapun dua perda yang membutuhkan tenaga ekstra, kata Kusnendro, pembangunan gedung dan tanggung jawab lingkungan perusahaan. 

"Perkiraan pembahasannya sampai Januari 2024,”ujar Kusnendro.

Menurut Kusnendro, untuk Juli 2023 ini pihaknya menargetkan akan membahas 4 raperda. Hal itu, sudah masuk dalam agenda Badan Musyawarah (Banmus).

Ada sejumlah agenda telah terjadwal selama Juli 2023. Yakni, penetapan 4 raperda dan audiensi dari beberapa organisasi yang sudah mengajukan permohonan.

Untuk audiensi, imbuh Kusnendro, antara lain dari Persatuan Guru Bahasa Inggris SD, Olympic Science dan lainnya. Kegiatan audiensi itu, akan berlangsung bulan ini di sela-sela pembahasan Perda dan kegiatan DPRD lainnya.

“Audiensi ini kita agendakan di sela-sela pembahasan raperda dan kegiatan lainnya,”tandasnya. ***

Sumber: