Jembatan Sumurpanggang Mulai Dibongkar, Anggaran Penggantian Lantai Sampai Rp803 Juta

Jembatan Sumurpanggang Mulai Dibongkar, Anggaran Penggantian Lantai Sampai Rp803 Juta

PERBAIKAN- Perbaikan jembatan Sumurpanggang di jalur Pantura Kota Tegal sudah dimulai.-TEGUH M/RADAR TEGAL GROUP-

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Setelah menunggu beberapa lama, akhirnya jembatan Sumurpanggang Kota Tegal mulai dibongkar. Hal ini menjadi pertanda jika kegiatan perbaikan fasilitas jalan vital di jalur Pantura Kota Tegal dimulai. 

“Pembongkaran permukaan jembatan dimulai sejak Minggu lalu,”ungkap PPK 1.1 Pelaksanaan Jalan Nasional Bina Marga Jawa Tengah Wisnu Herlambang, Senin, 3 Juli 2023.

Menurut Wisnu, perbaikan itu tidak terkait dengan usia jembatan Sumurpanggang yang sudah tua. Sebab, konstruksinya masih aman, hanya saja perlu untuk melakukan rehabilitasi.

“Konstruksi jembatan Sumurpanggang masih aman, hanya saja membutuhkan rehabilitasi. Jadi bukan karena umur jembatan yang sudah tua,”ujarnya. 

Wisnu mengatakan, pihaknya telah memulai pembongkaran jembatan Sumurpanggang sejak Minggu, 2 Juli 2023 lalu atau setelah perayaan Idul Adha 2023.

Awal pekerjaan, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jateng- DIY melakukan pembongkaran sisi utara jembatan tersebut. Dinas terkait kemudian melakukan penutupan sisi utara yang tengah mereka perbaiki. 

Untuk menghindari kemacetan, mereka memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa contraflow di sisi selatan jembatan.

Menurut Wisnu, kegiatan pembongkaran jembatan merupakan bagian dari proyek rehabilitasi. Yakni, penggantian lantai jembatan dengan anggaran mencapai Rp803 juta.

“Ini merupakan proyek rehabilitasi atau perbaikan berupa penggantian lantai jembatan. Adapun yang kita perbaiki berada di sisi utara,”ujarnya.

BACA JUGA:Rusak Parah, DPRD Kabupaten Tegal Desak Perbaikan Jalan Banjaran-Balamoa

Wisnu mengungkapkan sebenarnya pekerjaan perbaikan jembatan itu telah pihaknya mulai sejak Mei 2023 lalu. Namun, saat itu masih melakukan perbaikan struktur yang berada di bawah jembatan.

“Perbaikan di struktur bagian bawah jembatan, terutama bagian yang retak-retak,”jelasnya.

Terkait itu, kata Wisnu, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan penutupan arus lalu lintas dari arah barat di sekitar lokasi. Kemudian, menerapkan sistem contraflow di bagian sisi selatan jembatan.

Sumber: