Proyek Pembangunan Jalan di Kabupaten Tegal Mulai Dilelang, Menggunakan Sistem E-katalog

Proyek Pembangunan Jalan di Kabupaten Tegal Mulai Dilelang, Menggunakan Sistem E-katalog

RAPAT - Kabid Jalan dan Jembatan DPUPR Kabupaten Tegal Muhammad Nuh saat rapat koordinasi penyedia jasa, Senin, 3 Juli 2023.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID – Sejumlah proyek pembangunan jalan di Kabupaten Tegal mulai dilelang. Sistem lelang menggunakan katalog elektronik (E-katalog).

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Tegal Teguh Dwijanto melalui Kabid Jalan dan Jembatan Muhammad Nuh mengatakan, seluruh pekerjaan pembangunan jalan sudah mendapatkan Surat Perintah Kerja (SPK).

Tidak hanya yang paket Penunjukan Langsung (PL), tetapi juga pekerjaan dengan anggaran di atas Rp200 juta.

"Sistem lelang ini, kami menggunakan e-katalog. Tujuannya supaya lebih cepat," kata Muhammad Nuh, Senin, 3 Juli 2023.

Dia mengungkapkan, lelang dengan sistem e-katalog ini, bukanlah yang pertama. Namun sudah dilakukannya sejak tahun lalu.

Menurutnya, sistem e-katalog lebih efisien, baik waktu maupun anggaran. Dengan sistem itu tidak butuh waktu lama, seperti proses lelang.

BACA JUGA:Rusak Parah, DPRD Kabupaten Tegal Desak Perbaikan Jalan Banjaran-Balamoa

Selain itu, anggaran juga lebih hemat karena biaya untuk honor para pokja tidak ada. Termasuk juga menghemat biaya klarifikasi ke luar daerah dari mulai perjalanan, makan minum, hingga penginapan dan lainnya. 

“Rekanan yang ditunjuk jelas kinerjanya, harga penawaran tidak terlalu tinggi. Hasil pekerjaan lebih terjamin karena langsung dari produsen,” ujarnya.

Dia membeberkan, proyek pekerjaan yang nilainya di atas Rp200 juta, jumlahnya sebanyak 18 paket.

Yakni, Peningkatan Jalan Sigentong-Kreman Rp2,4 Miliar (M), Peningkatan Ruas Jalan Kendayakan Rp2 M, Peningkatan Ruas Jalan Warureja-Kedungjati Rp4 M, Peningkatan Ruas Jalan Purwahamba-Blubuk Rp2,8 M, Peningkatan Jalan Ujungrusi-Banjaran Rp950 Juta, Peningkatan Ruas Jalan Lingkar Kota Slawi Rp2 M dan Peningkatan Ruas Jalan Ade Irma Suryani (Lingkar Alun-alun Slawi) Rp950 juta.

Kemudian, Peningkatan Ruas Jalan Kalisoka-Gumayun Rp950 juta, Peningkatan Ruas Jalan Kancil Rp950 juta, Peningkatan Ruas Jalan Margasari-Jedug Rp2 M, Peningkatan Ruas Jalan Pagerbarang-Jatibarang Rp2 M, Peningkatan Ruas Jalan Senggang-Sumbaga Rp950 juta, dan Peningkatan Ruas Jalan Babakan-Karangmulya Rp950 juta.

Paket lainnya yakni, Peningkatan Ruas Jalan Bojong-Sukasari Rp787 juta, Peningkatan Ruas Jalan Senggang-Karangjambu Rp1,4 M, Pembangunan Jembatan Kali Kemiri Desa Kupu Rp2,8 M, Pembangunan Drainase Jalan Danasari Kecamatan Bojong Rp354 juta, dan Peningkatan Ruas Jalan Warureja-Kedungjati Rp9 M (anggaran bantuan provinsi). 

“Ada beberapa kegiatan yang sudah selesai, di antaranya Peningkatan Ruas Jalan Ade Irma Suryani, dan ruas Jalan Kendayakan juga akan mulai dikerjakan,” sambungnya. 

Sumber: