Cilacap Diguncang Gempa Berkekuatan 4,2 SR, Kedalaman 32 Kilometer

Cilacap Diguncang Gempa Berkekuatan 4,2 SR, Kedalaman 32 Kilometer

Tangkapan Layar--

Cilacap Diguncang Gempa Berkekuatan 4,2 SR, Kedalaman 32 Kilometer

CILACAP, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Cilacap diguncang gempa berkekuatan 4,2 Skala Ritcher (SR) pada pukul 10.48 WIB, Selasa, 27 Juni 2023. 

Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal yang diakibatkan adanya aktivitas pada zona subduksi.

Informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), guncangan gempa bumi tersebut terasa di daerah Cilacap II MMI. Namun, getaran tersebut hanya dirasakan oleh sedikit orang. 

Hal ini sesuai keterangan dari Kepala BMKG Geofisika Banjarnegara Hery Susanto Wibowo seperti dikutip dari Radar Banyumas. Hery mengatakan, gempa bumi tersebut terletak pada koordinat 8.37° Lintang Selatan dan 108.92° Bujur Timur. 

BACA JUGA:Cirebon Diguncang Gempa Bumi, Warga Buntet Pesantren: Seperti Dibom!

"Berjarak 72 kilometer arah barat daya Cilacap dengan kedalaman 32 kilometer. Gempa ini tidak berpotensi tsunami," katanya. 

Menurutnya, sampai pukul 11.00 WIB, belum ada aktivitas gempa susulan atau aftershock. Selain itu, belum ada laporan kerusakan dari masyarakat.

Pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat supaya tidak terpengaruh informasi yang tidak ada dasarnya. Masyarakat diminta melapor ke instansi setempat jika ada kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi. ***

Sumber: radar banyumas