Mentan Syahrul Yasin Limpo Diperiksa KPK, Deretan Mobil Mewahnya Bikin Ngiler

Mentan Syahrul Yasin Limpo Diperiksa KPK, Deretan Mobil Mewahnya Bikin Ngiler

Mentan Syahrul Yasin Limpo--

RADARTEGAL.DISWAY.ID - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menjalani pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pemeriksaan tersebut terkait dengan kasus dugaan korupsi yang tengah diusut KPK sejak awal 2023.

Pemanggilannya pada Jumat, 16 Juni 2023 membuat kekayaannya menjadi sorotan. Termasuk deretan mobil mewah yang dia miliki.

Ternyata, pria berusia 68 tahun ini memiliki total koleksi mobil mencapai Rp1,47 miliaran. Terdapat berbagai jenis mobil mulai dari sedan, SUV, MPV, hingga APV.

Di antara deretan mobil tersebut yang paling mahal adalah Jeep Cherokee keluaran 2011. Berdasarkan informasi yang tercatat di LHKPN, satu unit mobil itu dibeli Limpo Yasin dengan harga Rp500 juta.

Selanjutnya, mobil termahal kedua miliknya adalah Toyota Alphard Minibus dengan nilai Rp350 juta. Kemudian di bawahnya lagi ada mobil sedan, Mercedes Benz keluaran 2004 yang harganya diklaim mencapai Rp250 juta.

BACA JUGA:Paska OTT KPK, Pemkab Pemalang Terus Berbenah Wujudkan Good Governance

Tidak hanya itu disitu, Limpo juga masih punya Toyota Kijang Innova Minibus 2014 yang tercatat pada angka Rp200 juta. Terakhir, mobil paling murahnya itu mobil sedan Mitsubishi Galant yang dibelinya seharga Rp90 juta.

Bukan hanya mobil saja, di laporan tersebut juga terdapat satu unit motor Harley Davidson produksi 1986. Satu unit motor ini diboyong Yasin pada angka Rp35 juta.

Menurut catatan LHKPN yang dilaporkan ke KPK pada akhir Desember 2022, Sahrul Yasin Limpo memiliki harta senilai Rp20 Miliar.

Nama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo terseret dugaan korupsi di Kementerian Pertanian. KPK masih menyelidiki dugaan korupsi terkait penyalahgunaan pertanggungjawaban dana di Kementan. Penyelidikan kasus itu sudah dimulai sejak awal 2023.

"Karena masih pada proses penyelidikan tentu tidak bisa kami sampaikan lebih lanjut. Segera kami sampaikan perkembangannya," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri.

BACA JUGA:KPK Kembali Tangkap 3 Pejabat Pemalang, Hasil Pengembangan Kasus Mantan Bupati

Syahrul Yasin Limpo merupakan menteri dengan total harta kekayaan yang tak sedikit. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan ke KPK pada akhir Desember 2022, ia memiliki harta senilai Rp20.058.042.532.

Menurut data dari laporan tersebut, jumlah hartanya didominasi tanah dan bangunan senilai lebih dari Rp11 miliar, yang tersebar di Kota Gowa dan Makassar. ***

Sumber: