Gawat! Puluhan Meter Tanggul Kali Gung di Kota Tegal Rusak, Sebagian Roboh

Gawat! Puluhan Meter Tanggul Kali Gung di Kota Tegal Rusak, Sebagian Roboh

TINJAUAN - Peninjauan tanggul Kali Gung yang mengalami kerusakan.-TEGUH M/RADAR TEGAL GROUP-

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Kabar tidak menyenangkan datang dari Kota Tegal. Puluhan meter tanggul Kali Gung di wilayah itu diketahui mengalami kerusakan.

Lokasinya berada di Kelurahan Kejambon Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Dugaannya, hal itu terjadi karena tanggul tersebut sudah usang dimakan usia.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) setempat mengetahuinya saat melakukan tinjauan di lokasi, Selasa 13 Juni 2023. Dalam kegiatan itu, Anggota DPRD Kota Tegal Anshori Fakih dan sejumlah staff lainnya ikut mendampingi.

Anggota DPRD Kota Tegal Anshori Fakih mengatakan, pihaknya berharap agar tanggul yang mengalami kerusakan segera dinas perbaiki. Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya luapan air yang mengakibatkan banjir jika hujan turun.

“Selain itu, juga untuk mengantisipasi kejadian yang tidak kita inginkan. Jadi kami minta untuk segera melakukan perbaikan,”kata Anshori. 

BACA JUGA:Diterjang Banjir Kali Gung, Seorang Tewas Hanyut dari Danawarih Hingga Lebaksiu

“Tadi kami melakukan tinjauan di lapangan dan mendapati tanggul di lokasi itu mengalami kerusakan sekitar 20 meter,”ungkap Kepala Bidang PSDA DPUPR Kota Tegal Emi Muti’ah Hidayati.

Emi mengatakan, lokasi tanggul Kali Gung yang mengalami kerusakan berada di Jalan Tanjung. Dari hasil tinjauan itu, dinas terkait akan segera melakukan perbaikan pada tanggul yang mengalami kerusakan. 

Untuk anggaran perbaikan akan menggunakan swakelola atau APBD 2023 ubahan. Menurut Emi, sebagian pasangan yang mengalami kerusakan itu bahkan ada yang roboh. Sementara beberapa spot-spot yang berada tidak jauh juga sudah mulai keropos pondasinya.

“Sebagian pasangan sudah ada yang roboh. Selain itu, beberapa titik yang di dekat lokasi kerusakan juga sudah mulai keropos,”jelasnya.

Karenanya, kata Emi, pihaknya akan melakukan penghitungan kebutuhan dan tenaganya lebih dulu. Jika nantinya, anggaran untuk perbaikan bisa mengambil swakelola maka pihaknya akan segera melakukan perbaikan.

“Kita akan hitung lebih dulu kebutuhan material dan tenaganya untuk perbaikan. Kalau memang mencukupi maka akan kita gunakan anggaran swakelola,”tandasnya.

BACA JUGA:Kota Tegal Terancam Banjir, Penambahan dan Peninggian Tanggul Kali Kemiri Disiapkan

Namun, kata Emi, jika anggaran swakelola tidak mencukupi maka pihaknya akan mengusulkan perbaikan di APBD 2023 ubahan. Selain itu, ada beberapa kendala dalam melakukan perbaikan tanggul yang rusak tersebut.

Sumber: