Standarkan Kwalitas Pendidikan Kesataraan, Dindikbud Pemalang Gelar Bintek ATP-MA

Standarkan Kwalitas Pendidikan Kesataraan, Dindikbud Pemalang Gelar Bintek ATP-MA

Plh Kepala Dindikbud Kabupaten Pemalang Supaat membuka kegiatan Bintek ATP-MA di Hotel Sentana.-Agus Pratikno-

PEMALANG, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten PEMALANG menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis (Bintek) Penyusunan Perangkat Ajar Alur Tujuan Pembelajaran dan Modul Ajar (ATP-MA).

Kegiatan yang dibuka oleh Plh Kepala Dindikbud Supaat di Hotel Sentana itu. untuk meningkatkan standar kwalitas pendidikan kesetaraan di Kabupaten Pemalang.

Plh Kepala Dindikbud Supaat mengatakan, kegiatan Bintek Penyusunan Perangkat Ajar ATP-MA ini  untuk menjamin bahwa pendidikan yang dikelola oleh PKBM ataupun SKB, mempunyai standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

"Jadi pendidikan kesetaraan itu tidak asal-asalan, namun ada standarisasi dalam pembelajarannya," katanya. 

BACA JUGA:PPDB Jenjang TK SD SMP Pemalang Segera Dibuka, Catat Jadwalnya Moms!

Bahkan, lanjut dia, untuk ijazah kelulusannya pun setara dengan sekolah lainnya. Karena kegiatan Bintek ini juga untuk menjaga kompetensi khususnya para tutor-tutornya. 

Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Dikmas RR Ida Komaria Setianingsih dalam laporannya menjelaskan, kegiatan Bintek ini, bertujuan untuk  mendorong perbaikan kualitas dan pemulihan dari krisis pembelajaran khususnya melalui kurikulum merdeka. 

Disamping itu, untuk memudahkan siswa dan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. 

Serta  untuk mencapai tiga aspek kompetensi, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang  diperoleh siswa dalam satu atau lebih kegiatan dalam pembelajaran.

BACA JUGA:Gas 3 Kg Langka di Pemalang, Diskoperindag Beri Penjelasan Ini

"Selain itu, untuk mengembangkan kurikulum operasional yang sesuai dengan kondisi dan situasi lingkungan masing-masing sekolah," terangnya.

Adapun sasaran kegiatan ini adalah Tutor Mata Pelajaran bagi peserta didik pada Progam Paket A, Paket B dan Paket C yang mengajar di SPNF, SKB dan PKBM. Serta Kepala SPNF SKB dan Ketua PKBM  yang ada di Kabupaten Pemalang. 

Kegiatan Bintek ini, mengundang tiga narasumber Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Pemalang H. Nuryani. Selain juga Koordinator Fungsi Kesetaraan Kementerian Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Ditjen PAUD Dasmen Kemdikbudristek Fauzi Eko Pranyono. Serta Pusat Kurikulum dan Pembelajaran ( PUSKURJAR ) Kemendikbudristek  A.M. Yusri Saad. *

Sumber: