Kupat Gak Pake Kuah!, Mengenal Makanan Khas Randugunting : Kupat Glabed.

Kupat Gak Pake Kuah!, Mengenal Makanan Khas Randugunting : Kupat Glabed.

Mengenal makanan khas randugunting Kupat Glabed.--

Tegal, radartegal.disway.id - Tegal identik dengan pesisir karena julukannya yaitu Tegal Kota Baharia, Tegal sendiri kaya akan kuliner khasnya yang paling terkenal adalah tahu aci dan sate kambingnya.

Adapula kuliner lain dari tegal yaitu kupat, nah kupat sendiri memiliki beragam jenis di Tegal ada Kupat Bangkok, Kupat Blengong dan yang terakhir ada Kupat Glabed.

Pada artikel ini radartegal disway akan membahas makanan khas dari daerah randugunting yakni Kupat Glabet Sajian Kupat yang terbilang cukup unik, pasalnnya kupat jenis ini agak berbeda dari jenis kupat yang lain yang ada di Tegal.

Yang membedakan Kupat Glabed dengan kupat lainnya adalah dari segi kuahnya yang kental dan gurih, nah kuah kental ini merupakan ciri khas dari Kupat Glabed, menjadikannya jenis kupat yang paling populer di daerah randugunting.

Nama Kupat Glabed sendiri diambil dari bahasa tegal asli yakni Glabed yang berarti suatu makanan yang memiliki kuah kental.

Sebenarnya Kupat pada umumnya memiliki kuah yang tidak kental dan untuk segi rasanya sendiri adalah pedas, gurih, asam. Namun berbeda dengan makanan khas randugunting ini yakni Kupat Glabed yang memiliki tekstur kuah yang kental dengan rasa asam, pedas-manis, dan gurih dengan sambal cabai yang berminyak.

Kupat ini memiliki ciri khas yang identik dengan warna kuahnya yang berwarna kuning coklat berisi isian tempe potong kecil dan sayuran lainnya, Kupat Glabed sangatlah nikmat apabila dinikmati pada waktu jam istirahat atau pada sore hari. Sajian kupat ini sangat cocok dinikmati bersamaan dengan sate ayam atau sate telur puyuh atau bisa juga menggantinya dengan mendoan tempe anget.

Gurih dan pedas manis merupakan cita rasa asli dari Kupat Glabed, kuahnya yang kental dan gurih sangat mirip sekali dengan kuah opor ayam hanya saja kuahnya lebih kental dan lebih asam. Kaldu iga sapi yang di campur dengan santan kelapa dan bumbu rahasia, menyatu menghasilkan rasa yang nikmat.

Potongan ketupat yang tebal dan lembut di padukan dengan kuah kental yang gurih dinikmati bersamaan dengan sate ayam membuat sajian kupat ini tak boleh di remehkan.

Nah Bagi kamu yang berminat untuk mencoba Kupat Glabed, kamu bisa mampir ke warung Ibu Wartini yang berletak di Jalan Ayam 1, Kelurahan Randugunting, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal.

Demikian niformasi mengenai makanan khas dari tegal. Semoga Informasi ini bermanfaat.***

Sumber: