PPG Prajabatan 2023 Resmi Dibuka Hari Ini, Simak Syaratnya di Sini

PPG Prajabatan 2023 Resmi Dibuka Hari Ini, Simak Syaratnya di Sini

PPG Prajabatan 2023--

JAKARTA, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) siang ini pukul 13.30 WIB mengumumkan pembukaan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan 2023, Rabu, 31 Mei 2023.

Untuk PPG Prajabatan 2023 ini, ada 19 bidang studi yang dibuka. Di antaranya Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Biologi, Ekonomi, Fisika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Lalu Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Kimia, Matematika, Pendidikan Guru PAUD (PG-PAUD) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. 

Pendidikan Luar Biasa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Sejarah, Geografi Sosiologi, Seni Budaya, serta Bimbingan dan Konseling. 

PPG Prajabatan sendiri merupakan program pendidikan setelah program sarjana atau sarjana terapan untuk mendapatkan sertifikat pendidik. sertifikat pendidik berlaku untuk jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. 

Para peserta PPG Prajabatan, bisa berkesempatan memulai karier sebagai guru profesional. Beberapa syarat untuk bisa mengikuti PPG Prajabatan 2023 antara lain memiliki ijazah dengan kualifikasi akademik D4 atau S1 dan terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti). 

BACA JUGA:Siap-siap! PPG Kemdikbud Lima Hari Lagi Dibuka, Ini yang Perlu Disiapkan

Persyaratan PPG Prajabatan 2023 

1. Warga Negara Indonesia (WNI). 

2. Tidak terdaftar sebagai guru atau kepala sekolah pada Data Pokok Pendidik (Dapodik) dan Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Simpatika). 

3. Memiliki ijazah dengan kualifikasi akademik Sarjana (S1) atau Diploma IV (D4) yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti) atau terdata pada basis unit data unit penyetaraan ijazah luar negeri bagi lulusan perguruan tinggi di luar negeri. 

4. Memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) paling rendah 3,00. 5. Berusia paling tinggi 32 tahun pada 31 Desember tahun pendaftaran. 

Dokumen syarat PPG Prajabatan 2023 Tak cuma syarat di atas, calon pendaftar juga harus mengantongi sejumlah surat keterangan berupa: 1. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani yang diserahkan saat lapor diri. 

2. Surat keterangan berkelakuan baik yang diserahkan saat lapor diri. 

Sumber: