Inilah 5 Sayuran yang Perlu Dihindari Penderita Darah Tinggi, Coba Cek Dulu Yuk!

Inilah 5 Sayuran yang Perlu Dihindari Penderita Darah Tinggi, Coba Cek Dulu Yuk!

Picture by Lars Blankers on Unsplash--

SLAWI, radartegal.disway.id - Darah tinggi terjadi ketika tekanan darah dalam arteri meningkat secara terus-menerus. Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan beban berlebih pada jantung dan pembuluh darah. 

Selanjutnya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya. Umumnya penyebab darah tinggi ialah factor genetic, gaya hidup yang tidak sehat, stress, kondisi medis yang serius dan yang paling sering menjadi penyebabnya ialah usia. 

Jika Anda menderita darah tinggi, mengadopsi pola makan sehat sangat penting untuk menjaga keseimbangan tekanan darah Anda. Salah satu aspek penting dari pola makan yang sehat adalah konsumsi sayuran yang tepat. 

Konsumsi sayuran yang tepat untuk penderita darah tinggi dapat mempengaruhi gaya hidup sehat Anda sebaliknya jika Anda mengkonsumsi sayuran yang perlu dihindari penderita darah tinggi maka gaya hidup Anda jadi tidak sehat. Tidak hanya itu saja, darah tinggi juga bisa datang kapan saja jika Anda tidak mengubah pola hidup.

Inilah 5 sayuran yang perlu dihindari untuk penderita darah tinggi

Berikut ini adalah 5 sayuran yang sebaiknya Anda hindari atau konsumsi dengan porsi terbatas jika Anda memiliki tekanan darah tinggi.

  • Kedelai mentah atau produk kedelai olahan

Kedelai mentah atau produk kedelai olahan seperti tempe dan tahu mengandung tinggi purin, yang dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Asam urat yang tinggi dapat mempengaruhi keseimbangan tekanan darah Anda. 

Sebaiknya batasi konsumsi kedelai atau pilih variasi rendah purin seperti tempe kedelai hitam.

BACA JUGA: Inilah 5 Bahan Makanan Bernutrisi yang Dibutuhkan Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

  • Sayuran asin dan terlalu banyak garam

Sayuran asin seperti acar, kol asin, dan sayuran yang dikonsumsi dalam bentuk kalengan atau diasinkan mengandung tinggi natrium. Natrium dapat menyebabkan retensi air dalam tubuh dan meningkatkan tekanan darah. 

Hindarilah makanan asin dan batasi konsumsi garam secara umum.

  • Kentang

Kentang merupakan sayuran yang sering dikonsumsi, namun mengandung karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat yang tinggi dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan mempengaruhi tekanan darah. 

Sebaiknya batasi konsumsi kentang dan pilih variasi kentang yang rendah glikemik seperti kentang manis.

  • Sayuran bersantan

Sayuran yang dimasak dengan santan seperti sayur lodeh atau gulai memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. Lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh dan mempengaruhi tekanan darah. 

Sumber: