Disambut Ratusan Warga di Batang, 32 Biksu Thudong Thailand Sangat Terkesan Selama di Pantura

Disambut Ratusan Warga di Batang, 32 Biksu Thudong Thailand Sangat Terkesan Selama di Pantura

--

BATANG, radartegal.disway.id - Setelah bermalam di Kanzus Sholawat Habib Luthfi di Pekalongan, Jumat 26 Mei 2023, rombongan 32 biksu thudong Thailand kembali melanjutkan perjalanannya.

Saat melintasi Kabupaten Batang, ke-32 biksu singgah di Rumah Dinas Bupati Batang. Di sepanjang jalan menuju Batang, para biksu itu sangat terharu mendapat sambutan dari warga dan pelajar.

Antusiasme masyarakat begitu kentara, karena banyak mereka yang rela menunggu rombongan pemuka agama Budha itu melintas. Tak sedikit pula, mereka yang bahkan rela berpanas-panasan menunggu di depan Rumah Dinas Bupati Batang.

Bahkan kerumunan warga pun tambh siang semakin membludak. Mereka sama sekali tidak beranjak sejak mulai kedatangan para biksu di rumah dinas hingga kembali melanjutkan perjalanan.

Tampak ratusan pelajar dari berbagai sekolah di sekitar rumdin, juga ikut antusias menyambut kehadiran para biksu. Salah seorang pelajar, Aesar mengaku, senang bisa bertemu para biksu.

Menurutnya para biksu tersebut sangat ramah dan turut bersalaman dengan para pelajar. “Alhamdulillah senang karena bisa bertemu biksu dan melihat secara langsung. Biksunya ramah, tadi sempat salaman dengan biksu.” 

Warga antusias sambut 32 biksu

Mewakili 32 Bhikkhu Thudong, Bhante Katadhamo atau Biksu Wawan dari Indonesia menyebut, pihaknya sangat senang akan sambutan masyarakat. Bahkan dia menyebut perjalanan di Pantura ini penuh dengan keceriaan.

Tidak ada dukanya. Duka itu hilang ketika ada suka, lha sukanya itu antusias luar biasa (sambutan dari masyarakat),” kata Bhante Katadhamo usai sarapan pagi di Rumah Dinas Bupati Batang.

Rombongan Bhikkhu dari berbagai negara di Asia Tenggara ini sedang menjalani ritual thudong. Tradisi Thudong dimulai dari Nakhon Si Thammarat, Thailand, pada 23 Maret 2023 lalu dan finish di Candi Borobudur.

Dijadwalkan rombongan akan sampai di Candi Borobudur pada 2 Juni mendatang, dan akan menjalani serangan perayaan Waisak di Borobudur hingga 4 Juni.***

Sumber: