Minimalkan Banjr Rob, Kapolres Tegal Tanam Mangrove di Garis Pantai Utara

Minimalkan Banjr Rob, Kapolres Tegal Tanam Mangrove di Garis Pantai Utara

Akti tanam mangrove di kawasan pantai utara Desa Kedungkelor Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal.-Hermas Purwadi-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Bajir rob pantai utara terus mengintai sebagian wilayah Kabupaten Tegal.

Karena itu berbagai upaya dilakukan untuk minimalkan bencana air laut pasang atau rob tersebut.

Seperti dilakukan Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK.

Senin 15 Mei 2023, orang nomor satu di jajaran Polres Tegal itu ikut andil dalam aksi penanaman mangrove di kawasan garis pantai utara Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:Sasar Daerah Rawan Kriminal, Samapta Polres Tegal Intensifkan Patroli

”Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa tanaman mangrove memiliki berbagai manfaat dan peran yang amat krusial bagi keberlanjutan lingkungan. Hutan mangrove diyakini bermanfaat menstabilkan garis pantai, mengurangi erosi dari gelombang badai, arus ombak dan pasang surut,” kata Kapolres.

Selain itu, menurut Kapolres, sistem akar mangrove yang rumit juga membuat hutan ini menarik bagi ikan dan organisme lain yang mencari makanan dan berlindung dari predator. 

"Topografi Kabupaten Tegal yang sebagian berbatasan langsung dengan garis pantai yang cukup panjang, inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa penanaman mangrove menjadi salah satu hal yang cukup signifikan. Yakni untuk menjaga supaya terhindar dari bahaya rob, pasang surut air laut yang berakibat pada erosi dan hal lainnya," tambah Kapolres.

Diketahui, aksi penanaman mangrov Kapolres Tegal dilakukan saat menghadiri Kegiatan Puncak Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak Jajaran TNI di Seluruh Indonesia Oleh Presden RI di Kecamatan Warurejo Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:Bawaslu Ajak OKP Kabupaten Tegal Awasi Pemilu 2024 : Sejatinya Fungsi Pengawasan Ada di Masyarakat

Kegiatan ini dibelakang Satradar 214 Tegal yang bertajuk Mangrove for better life.

Satradar 214 Tegal menggelar Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak di wilayah Kabupaten Tegal. Tepatnya di Desa Kedungkelor Kecamatan Warureja.

Kegiatan dihadiri oleh Komandan Satradar 214 Tegal Letkol I Ketut Wiratmaja SSiT MI Pol. Dandim 0712 Letkol inf Charlie C L. Sondak SE, Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK.

Hadir juga Wakapolres Tegal Kompol Johan Valentino Nanuru SIK SH dan Bupati Tegal yang diwakili Kalak BPBD Kabupaten Tegal Elliya Hidayah SIP MM. Serta Kasi Rehabilitasi Hutan Lahan UPT BPDAS HL Pemali Jratun Jateng Budi Suharyono SE. 

Sumber: