Sudah Terdaftar di KPU Brebes, 696 Bacaleg dari 17 Parpol Masuk Verifikasi

Sudah Terdaftar di KPU Brebes, 696 Bacaleg dari 17 Parpol Masuk Verifikasi

Ketua KPU Brebes Muamar Riza Pahlevi.-Dedi Sulastro/Radar Tegal Group-

BREBES, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Sudah terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Brebes, 696 bakal calon legislatif (bacaleg) dari 17 partai politik (parpol) mulai masuk verifikasi.

Tahapan ini mulai dari Senin, 15 Mei 2023 hingga 23 Juni 2023 mendatang. Hal ini sesuai pernyataan Ketua KPU Brebes Muamar Riza Pahlevi.

Menurutnya, dari 18 parpol hanya ada 17 Parpol yang mendaftarkan bacalegnya. Seluruh parpol itu terdiri dari 10 parpol yang mengajukan bacaleg secara maksimal sesuai jumlah kursi DPRD Brebes, yaitu 50 orang. Sisanya, 7 partai telah mendaftarkan bacalegnya kurang dari 50 orang.

Parpol yang paling sedikit mendaftarkan bacalegnya yakni Partai Garuda hanya 9 orang. Selain itu, Partai Buruh dengan 12 orang bacaleg.

Selanjutnya ada PSI dengan 21 bacaleg, Partai Gelora 40 bacaleg, PPP 44 bacaleg, Perindo 45 bacaleg, dan Hanura 25 bacaleg. 

Sementara, untuk Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) tidak ikut mendaftar.

BACA JUGA: Unik! Pendaftaran Bacaleg di Brebes Pakai Kereta Kencana dan Buroq

Tahapan selanjutnya, KPU akan melanjutkan dengan verifikasi administrasi mulai hari ini tanggal 15 Mei sampai dengan 23 Juni. 

"Selanjutnya dari hasil administrasi itu nanti akan kita sampaikan kepada masing-masing partai politik, kira-kira dokumen apa saja yang masih belum absah,” ungkapnya, Senin 15 Mei 2023.

Untuk masa perbaikan administrasi akan dilakukan 26 Juni sampai 9 Juli 2023. Tahapan selanjutnya adalah verifikasi administrasi perbaikan mulai 10 Juli sampai 6 Agustus. 

Sedangkan untuk daftar calon sementara (DCS) akan diumumkan pada 29 Agustus mendatang. Kemudian tahapan selanjutnya adalah penetapan daftar calon tetap (DCT).

“Pengumuman DCS nanti pada 29 Agustus nanti. Selanjutnya nanti akan ditetapkan sebagai DCT,” tandasnya.

Dari 696 bacaleg 17 partai politik, kuota perempuan melebihi 30 persen, yaitu laki-laki 407 orang dan perempuan 289 orang. Saat ini KPU Brebes tengah melakukan verifikasi administrasi para bacaleg. ***

Sumber: