Unik! Pendaftaran Bacaleg di Brebes Pakai Kereta Kencana dan Buroq

Unik! Pendaftaran Bacaleg di Brebes Pakai Kereta Kencana dan Buroq

KERETA KENCANA - Ketua DPC PKB Brebes mendatangi KPU dengan andong yang disulap bak kereta kencana saat melakukan pendaftaran bacaleg. -Dedi Sulastro/Radar Tegal Group-

BREBES, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Unik! Begitulah gambaran pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) di Kabupaten Brebes. Tidak hanya mendaftar dengan cara biasa, sejumlah partai politik (parpol) datang ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Brebes dengan aksi berbeda, Minggu, 14 Mei 2023.

Selain menggunakan kereta kencana, ada juga yang datang melakukan pendaftaran bacaleg dengan buroq buatan, traktor dan becak. Semuanya terlihat kompak dan bersemangat saat hadir di KPU. 

Iringan lagu dari angklung, marching band dan lainnya menambah semarak rombongan bacaleg partai politik yang hendak mendaftar. Salah satunya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

Ketua DPC PKB Brebes mendatangi KPU dengan andong yang disulap bak kereta kencana saat melakukan pendaftaran bacaleg. Selain itu, PDI Perjuangan juga memiliki cara tersendiri. 

BACA JUGA: Geliat Politik Brebes, PKB Targetkan 15 Kursi, Gerindra 12 Anggota DPRD

Rombongan Bacaleg PDI Perjuangan Brebes berjalan ke KPU dengan iringan lagu dari musik angklung. Sementara Partai Nasdem yang merupakan partai pertama mendaftarkan bacalegnya ke KPU ini menggandeng pedangdut kawakan Anisa Bahar

Bacaleg dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Brebes juga tampil unik. Total ada 50 Bacaleg dari PKS yang mendaftarkan diri ke KPU Brebes pada Kamis 11 Mei 2023 lalu, sekitar pukul 14.00 WIB.

Para pendukung dan kader PKS mengantarkan bacalegnya ke kantor KPU dengan iringan musik dan kesenian buroq. Ketua DPC PKS Brebes Abdullah Syafaat dan Sekretaris Mizan menaiki buroq buatan dari kantor DPC PKS di Kelurahan Pasarbatang Kecamatan Brebes menuju KPU.

Usai pendaftaran, Ketua DPC PKS Kabupaten Brebes Abdullah Syafaat mengatakan total ada 50 Bacaleg DPRD Kabupaten Brebes yang mendaftar ke KPU.

“Syarat-syarat pendaftaran sebagai bacaleg sudah lengkap. Kami harap tidak ada kekurangan,” ungkapnya.

“Kalau untuk target kami menargetkan bisa meraih 8 kursi dewan di Brebes. Meski di pemilu yang lalu menurun dari 6 kursi menjadi 4 kursi. Tapi kali ini, kami optimis bisa memenuhi target 8 kursi,” ujarnya.

Hal yang unik juga terlihat saat pendaftaran Bacaleg dari PAN. Para Bacaleg datang ke KPU untuk mendaftar menggunakan puluhan becak.

BACA JUGA: KPU Brebes Kembalikan Berkas Pengajuan Bacaleg Dua Parpol, Ini Alasannya

Ketua DPD PAN Brebes Tobidin Sarjum usai pendaftaran mengatakan, pihaknya telah mendaftar 50 bacalegnya ke KPU Brebes. Di setiap dapil ada 36 persen keterwakilan bacaleg perempuannya.

Sumber: