Hanya Diikuti 2 Balon, Ini Jadwal Pelaksanaan Pilkades Antar Waktu Desa Capar Tegal

Hanya Diikuti 2 Balon, Ini Jadwal Pelaksanaan Pilkades Antar Waktu Desa Capar Tegal

Setelah menetapkan Balon PAW, panitia dan forkopimcam foto bersama di Balai Desa Capar, Kecamatan Jatinegara.-Yeri Noveli-

JATINEGARA, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Antar Waktu (PAW) di Desa Capar, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal diikuti dua orang bakal calon (Balon). 

Keduanya yang merupakan warga Desa Capar itu, yakni Kukuh Supribadi dan Andi Tri Mardiyanto.

"Sudah ditetapkan dan hanya ada dua balon. Mereka adalah tokoh masyarakat di desa ini," kata Ketua Panitia Pilkades Antar Waktu Desa Capar, Sarodin, Kamis 27 April 2023.

Penetapan para balon itu dipusatkan di Pendapa Balai Desa Capar dan disaksikan oleh seluruh panitia penyelenggara, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan unsur Forkopimcam Jatinegara.

BACA JUGA:Ditemukan Cumi dan Teri Berformalin, DPRD Kabupaten Tegal: Warga Harus Waspada

Sarodin mengemukakan, setelah penetapan balon, tahapan berikutnya yakni musyawarah PAW yang akan dilaksanakan pada 11 Mei 2023.

"Tapi sehari sebelum musyawarah, akan kita kumpulkan dulu," ujarnya.

Sarodin menyatakan, untuk daftar pemilih tetap (DPT) pada PAW tersebut, panitia akan menghadirkan sedikitnya 36 orang yang merupakan perwakilan masyarakat Desa Capar. 

Mereka yakni, dari unsur tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pendidikan, kelompok tani, kelompok perajin, kelompok perempuan, dan kelompok masyarakat miskin atau unsur masyarakat lain sesuai dengan kondisi sosial budaya masyarakat setempat.

BACA JUGA:Belasan Pasar di Kabupaten Tegal Rusak Parah, DPRD Desak Perbaikan

Menurut Sarodin, PAW akan dilakukan dengan cara musyawarah mufakat atau melalui pemungutan suara yang didasarkan pada hasil kesepakatan oleh musyawarah desa.

"Semoga Pilkades Antar Waktu ini berjalan lancar," sambungnya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Desa Capar Ridwan Chosy mengapresiasi kinerja panitia PAW dan BPD yang berlangsung lancar.

Diharapkan, PAW yang akan dilaksanakan pada 11 Mei 2023 itu, berlangsung tertib, aman dan terkendali.

Sumber: