Panen Bunga Telang, Ganjar Senang Siswa Sekolah di Jateng Melek Pangan Alternatif

Panen Bunga Telang, Ganjar Senang Siswa Sekolah di Jateng Melek Pangan Alternatif

Ganjar Senang Siswa Sekolah di Jateng Melek Pangan Alternatif.--

SEMARANG, RADARTEGAL.COM - Ratusan siswa SMP Negeri 30 Semarang langsung riuh menyambut kedatangan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kamis 16 Maret 2023. Mereka menantikan kedatangan Ganjar untuk panen bareng Bunga Telang.

Menyempatkan diri mampir saat gowes, kedatangan orang nomor satu di Jawa Tengah itu sudah dinantikan dengan antusias oleh para siswa. Ganjar pun menyapa satu per satu dan menyambangi stan makanan yang dibuat sendiri oleh siswa.

“Kami melihat kreativitas anak dan guru, di mana anak-anak diajari pengalaman bagus. Satu pengalaman menanam dan memelihara. Maka mereka mengolah (tanaman telang),” ujar Ganjar.

Di pameran urban farming, Ganjar sempat berdialog dengan sejumlah siswa SMP Negeri 30 Semarang. Sejumlah produk makanan tertata rapi dan tampak lezat. Kemudian, Ganjar meninjau kebun tanaman telang yang ditanam dan dirawat oleh siswa di halaman sekolah.

BACA JUGA:Bidan Desa Sidoharjo Berurai Air Mata saat Ganjar Respon Cepat Aduan Polindes dan Kesehatan Bumil

“Jadi temanya ini bunga telang, menjadi pewarna terus bisa dijadikan minuman. Bahkan bisa untuk skincare. Artinya anak-anak diberikan tradisi bercocok tanam, memelihara, termasuk budi daya ikan tadi," jelas Ganjar.

Gubernur Jateng dua periode itu mengatakan, kegiatan urban farming oleh siswa tersebut dapat menumbuhkan kreativitas dan kepedulian siswa terhadap budi daya tanaman, khususnya tanaman telang.

"Kelak kemudian hari mereka akan dirangsang terus, tahu akan produk-produk yang bisa kita miliki dari pertanian dan pangan. Siapa tahu mereka akan jadi periset yang hebat untuk bisa mengembangkan itu," katanya.

Ganjar mendukung terselenggaranya kegiatan serupa di sekolah lain, dengan harapan yang lebih luas agar para siswa sebagai generasi penerus bangsa dapat melanjutkan kedaulatan pangan dengan baik.

BACA JUGA:Gubernur Jateng Kebut Perbaikan Jalan Rusak di Batang dan Kendal

"Pangan kita makin hebat, pangan kita makin berdaulat dan itu dari anak-anak ini sebagai generasi berikutnya. Ini kekuatan pangan yang dikenalkan sejak dini dan dimasukkan ke sekolah agar mereka learning by doing," tutur Ganjar. *

Sumber: