Hendak Digunakan Membajak Sawah, Traktor Petani Pagerbarang Tegal Digondol Maling

Hendak Digunakan Membajak Sawah, Traktor Petani Pagerbarang Tegal Digondol Maling

Kerangka traktor milik korban yang ditemukan di tepi sawah Desa Pagerbarang, Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal.-Yeri Noveli-

PAGERBARANG, RADARTEGAL.COM - Sebuah traktor atau mesin untuk membajak sawah hilang digondol maling. Pemilik traktor, Ropik (25), petani di RT 01 RW 06 Desa Pagerbarang, Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal.

Korban merupakan keponakan dari Anggota DPRD Kabupaten Tegal, Akhmad Sayuti. Menurut Sayuti, aksi pencurian itu terjadi pada Kamis dini hari 9 Maret 2023.

"Kemungkinan aksinya sekitar jam 1 sampai jam 3 dini hari. Karena korban baru masuk rumah sekitar jam 11 malam (Rabu 8/3)," kata Sayuti, Jumat 10 Maret 2023.

Dia mengungkapkan, traktor itu merupakan milik pribadi dari keponakannya. Traktor dibeli setahun silam. Traktor biasa diparkir di depan rumahnya. Rencananya, korban akan mulai membajak sawah pada pukul 05.00 WIB. 

BACA JUGA:Antisipasi Lakalantas Maut di Lintasan Obyek Wisata Tegal, Tim Gabungan Menggelar Operasi

Namun, saat membuka pintu rumah, ternyata traktor sudah raib. Korban lantas menghubungi keluarganya dan warga di sekitar lokasi.

Warga kemudian ramai-ramai mencari keberadaan traktor tersebut di sekitar tempat kejadian perkara (TKP).

"Setelah kita cari, kita hanya menemukan kerangka traktornya saja. Sedangkan mesinnya sudah hilang," ujar Sayuti.

Dia menyebutkan, harga mesin traktor itu cukup mahal dibandingkan kerangkanya. Jika kondisi masih baru, harga mesin traktor merk kubota sekitar Rp15 jutaan. Dia mengaku prihatin melihat keponakannya yang kehilangan traktor tersebut. 

BACA JUGA:Kawanan Spesialis Pecah Kaca Mobil Diringkus Satreskrim Polres Tegal

Sebab, traktor itu akan digunakan untuk membajak sawah milik para petani di wilayah Pagerbarang. Bahkan, para petani itu sudah membayar uang muka kepada korban.

"Kemarin korban sudah melaporkan peristiwa ini ke Polsek Pagerbarang. Semoga secepatnya pelaku tertangkap," ujarnya.

Sayuti mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada. Beberapa pekan terakhir, kerap terjadi aksi pencurian di wilayah Pagerbarang. 

Bahkan, belum lama ini orang tua korban juga mengalami hal yang sama. Traktornya hilang digondol maling. Termasuk beberapa warga lainnya, juga ada yang kehilangan motor roda dua dan mesin pompa air.

Sumber: