Menpan-RB dan Ganjar Jadi Saksi Pernikahan di Balai Nikah Gratis di Mal Pelayanan Publik Sragen

Menpan-RB dan Ganjar Jadi Saksi Pernikahan di Balai Nikah Gratis di Mal Pelayanan Publik Sragen

Menpan-RB dan Ganjar Jadi Saksi Pernikahan di Balai Nikah Gratis di Mal Pelayanan Publik Sragen.--

SRAGEN, RADARTEGAL.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan 7 Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jawa Tengah, serentak di Sragen, Senin 20 Februari 2023.

Dalam acara tersebut, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyampaikan MPP Askara Bumi Sukowati di Sragen, berbeda dengan MPP di daerah lain. Di MPP Askara Bumi Sukowati tersedia balai nikah yang dapat dimanfaatkan masyarakat umum.

“Ini bisa dipakai masyarakat. Kebetulan hari ini ada yang mau menikah juga, semoga Pak Menteri dan Pak Gubernur berkenan menjadi saksinya,” tutur Yuni saat memberikan sambutan.

Yuni menuturkan, balai nikah yang berada satu gedung dengan MPP Askara Bumi Sukowati, dapat digunakan masyarakat secara gratis. 

BACA JUGA:Ganjar Gelontorkan Rp434 Miliar untuk Bantuan Bidang dan Pendidikan Keagamaan di Jateng

Di MPP Askara Bumi Sukowati terdapat pelayanan dari 39 instansi. Terdiri dari 16 OPD Pemkab Sragen dan 23 instansi vertikal.

MPP yang baru saja diresmikan ini melayani pengurusan administrasi kependudukan, misalnya KTP, KK dan akta. Selain itu, juga tersedia layanan administrasi kepolisian, misalnya SKCK, perpanjangan SIM, perizinan industri dan izin usaha lainnya.

Yuni menambahkan, sedangkan pelayanan yang melibatkan instansi vertikal juga tersedia, di antaranya layanan imigrasi, surat bebas pidana, Bapas, hingga layanan administrasi perbankan. 

Sementara itu, Gubernur Ganjar Pranowo dalam sambutannya menyampaikan akan mendorong pelayanan publik di Jawa Tengah naik ke level digital. Apalagi saat ini, hampir semua kabupaten kota di Jawa Tengah memiliki Mal Pelayanan Publik (MPP).

BACA JUGA:Ganjar Datang Gatal dan Batuk Hilang, Cerita Warga Jepara Penerima Bantuan Rumah dari Gubernur

Hal itu disampaikan Ganjar usai mendampingi Menteri Pendayagunaan Aparat Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas meresmikan tujuh MPP baru di Jateng.

“Kami harapkan MPP ini bukan sekadar gedung yang melayani, tapi akan berkembang menjadi layanan digital. Sehingga akan lebih banyak nanti masyarakat bisa dengan cepat mendapat layanan terbaik,” kata Gubernur Ganjar dalam sambutannya.

Sesuai dengan permintaan Bupati Sragen saat memberikan sambutan, Ganjar dan Azwar Anas diminta untuk menjadi saksi pernikahan pasangan Lilik Winoto (59) dan Triyani (56). 

Usai meninjau sejumlah stan pelayanan, Ganjar dan Azwar didampingi Yuni menuju lantai dua gedung dan langsung masuk ke ruangan yang tertulis ‘Balai Nikah’.

Sumber: