Libur Akhir Tahun, DPRD Imbau PKL Obyek Wisata di Tegal Terapkan Harga Wajar

Libur Akhir Tahun, DPRD Imbau PKL Obyek Wisata di Tegal Terapkan Harga Wajar

Pengunjung memadati Obyek Wisata Pantai Alam Indah, Jumat 30 Desember 2022. Komisi III mengimbau PKL di obyek wisata menerapkan harga wajar.-K Anam Syahmadani-

KOTA TEGAL, RADARTEGAL.COM - Libur di penghujung tahun biasanya dimanfaatkan warga untuk berekreasi ke obyek wisata. Sehubungan dengan itu, Komisi III DPRD Kota Tegal mengimbau Pedagang Kaki Lima (PKL) di Obyek Wisata Pantai Alam Indah, Pantai Komodo, Pantai Pulo Kodok, Pantai Batamsari, dan Pantai Muarareja untuk menerapkan harga yang wajar dan tidak terlalu tinggi.

“Terkadang ada keluhan. Kami mengimbau terapkan harga wajar. Jangan sampai terjadi keluhan lagi,” kata Sekretaris Komisi III Sisdiono Ahmad, Jumat 30 Desember 2022. 

Di samping itu, kebersihan obyek wisata harus dijaga oleh Organisasi Perangkat Daerah maupun Pokdarwis yang mengelola. Sehingga, dapat memberikan kenyamanan kepada pengunjung yang datang dan membayar tiket.

BACA JUGA:5 Tahun Akreditasi RSUD Suradadi Tak Berubah, Bupati Tegal Targetkan Tahun Ini Paripurna

Menurut Sisdiono, Komisi III telah meminta kepada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Tegal agar dapat melakukan pemeliharaan rutin dan mengatasi setiap kerusakan yang terjadi di obyek wisata yang dikelola Pemerintah Kota (Pemkot). 

Pada 2023, dialokasikan anggaran Rp400 juta untuk perbaikan tanggul sepanjang 150 meter di Pantai Komodo dan Pantai Batamsari.

Di Pantai Komodo, Pantai Pulo Kodok, Pantai Batamsari (Kokoba), PKL yang semula berjualan di bibir pantai akan dipindah dan ditempatkan ke fasilitas yang disediakan.

BACA JUGA:Pertama di Jateng, Pos AHASS Teaching Factory (TEFA) Dilaunching di Boyolali

Sehingga, bibir pantai bebas dari bangunan dan bisa dinikmati lebih leluasa oleh pengunjung. Karena Kokoba kini dikelola Pemkot dan Pokdarwis, akan dilakukan pembagian hasil antara Pemkot dan Pokdarwis.

“Pemkot harus memperhatikan fasilitas di sana, sebagai bentuk pelayanan atas pemasukan yang didapat. Kokoba sekarang mulai banyak dilirik masyarakat karena tiket masuknya terjangkau,” ungkap Sisdiono. 

Mengingat cuaca ekstrem di akhir tahun, Sisdiono menambahkan, pengujung agar waspada terhadap potensi ombak besar.

BACA JUGA:Spoiler Episode 7 Drama Alchemy of Souls Season 2 : Kondisi Seo Yul Mengkhawatirkan

“Tim pengamanan wajib bersiaga di semua obyek wisata,” imbuh Sisdiono. *

Sumber: