Dibangung dengan Dana Rp1,47 Miliar, Jembatan Cidadali Brebes Akhirnya Dapat Digunakan

Dibangung dengan Dana Rp1,47 Miliar, Jembatan Cidadali Brebes Akhirnya Dapat Digunakan

Bupati Brebes Idza Priyanti meresmikan penggunaan Jembatan Dadali yang melintang di atas Sungai Cidadali Brebes.-Teguh Supriyanto-

BUMIAYU, RADARTEGAL.COM - Bupati Brebes Hj Indza Priyanti, meresmikan penggunaan Jembatan Sungai Cidadali di ruas jalan Kabupaten Banjarsari-Cibentang Kecamatan Bantarkawung, Rabu 9 November 2022.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Brebes Sutaryono menyampaikan, jembatan ini sebelumnya putus akibat bencana alam setelah banjir besar pada Maret 2021.

"Sehingga menyebabkan bagian abutment dan laintai jembatan ambruk, sehingga tidak dapat dilintasi," ungkapnya.

BACA JUGA:Kopi Tugiman Banjir Pesanan Usai Pasang Wajah Ganjar di Bungkus Kemasannya

Selanjutnya sebagai upaya penanganan darurat dilakukan pembangunan jembatan darurat oleh BPBD Brebes, Pemerintah Desa dan Dinas PU.

Untuk pembangunan secara permanen, dilakukan melalui anggaran tahun 2022 dengan Pagu anggaran sebesar Rp1.500.000.000 dan nilai kontrak Rp1.471.916.000, dengan pelaksanaan 150 hari kalender mulai 12 April sampai dengan 8 September 2022.

"Terdapat masa perpanjangan pengerjaan, karena pelaksanaan dihadapkan dengan kondisi medan dan cuaca yang tidak bersahabat," kata Taryono.

BACA JUGA:Pengangguran di Jawa Tengah Tinggal 1,08 Juta, Berkurang 44 Ribu Orang

Jembatan Sungai Cidadali dibangun menggunakan kontruksi beton dengan bentangan 12 meter dan lebar 5 meter. Oprit beton panjang 48 meter dan lebar 3,5 sampai 5 meter serta plat duiker panjang 8 meter. 

Selama proses pembangunan yang dilakukan oleh CV Cahaya Tiga Dara dan sebagai konsultan pengawas CV Kencana Mulia Karya.

Bupati berharap, keberadaan jembatan tersebut bisa mendukung aktivitas masyarakat untuk meningkatkan perekonomian dan juga pendidikan.

BACA JUGA:Ganjar Ajak Menjaga Pesantren Saat Hadiri Halaqoh Ulama Nasional

"Dengan kembali terpenuhinya akses jembatan ini, diharapkan akan membuka akses lebih luas bagi masyarakat dalam menggerakan roda perekonomian maupun penddikan yang pada akhirnya bisa menumbuhkan kesejahteraan masyarakat," ucap Idza.

Bupati juga mengajak agar masyarakat turut serta membantu memelihara dan menjaga kondisi jembatan hasil dari pembangunan agar kemanfaatannya dapat dirasakan lebih lama lagi. 

Sumber: