Astra Motor Jateng dan Kemenhub Kampanyekan Safety Ridding lewat Pejuang Muda Keselamatan Jalan

Astra Motor Jateng dan Kemenhub Kampanyekan Safety Ridding lewat Pejuang Muda Keselamatan Jalan

--

TEGAL, radartegal.com - Main dealer Astra Motor Jawa Tengah dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjalin kerja sama bersamaan dengan Hari Sumpah Pemuda ke-94 pada 28 Oktober 2022 lalu.

Melalui program Indonesian Youth Road Safety Warriors yang diakukan Indonesian Road Safety Partnership, keduanya menggelar kampanye keselamatan jalan untuk siswa siswi SMA/SMK sederajat. Kampanye ini  dilakukan oleh pejuang muda keselamatan jalan (youth road safety warriors).

Para pejuang muda keselamatan jalan ini terdiri dari 19 taruna dan 11 taruni  Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal. PKTJ sendiri merupakan sekolah ikatan dinas di bawah naungan Kemenhub,

Nah, para pejuang muda keselamatan jalan ini berjumlah 30 taruna dan taruni, utamanya dari program studi DIV Rekayasa Sistem Transportasi Jalan. Ke-30 pejuang muda keselamatan jalan ini sebelumnya mengikuti training safety riding di AHM Safety Riding & Training Center di AHM PARK Greenland International Industial Center (GIIC) Deltamas, Bekasi.

Selama empat hari berturut-turut, mereka mengikuti pelatihan kompetensi berkendara yang baik dan aman. Tujuannya demi mengantisipasi risiko perjalanan dari aspek manusia, kendaraan, serta lingkungannya. 

Selanjutnya, 30 pejuang muda keselamatan jalan itu melakukan praktik langsung mengajarkan teori dan praktik kepada lebih dari 900 orang siswa dan siswi SMA/SMK di Kota Tegal dan sekitarnya. Praktik yang digelar, Rabu-Jumat 26-28 Oktober 2022 lalu itu dilakukan di SMK Negeri 3 Tegal, SMA Negeri 2 Tegal, dan SMA Negeri 3 Slawi. 

Para siswa dan siswi ketiga sekolah itu tampak sangat antusias dan merespon baik penyampaian materi teori dan praktik para pejuang muda keselamatan jalan ini. Praktik safety ridding diawali dengan mempelajari faktor kecelakaan, sensivitas bahaya, praktek berboncengan, hingga memeriksa kendaraan.

Keseluruhan ada 10 materi yang harus disampaikan ditambahkan pre test dan post test untuk mengetahui efektifitas edukasi yang dilakukan oleh taruna dan taruni PKTJ.

Dosen dan Anggota Senat Komisi C PKTJ mengapresiasi dan menyampaikan kegembiraannya atas peforma anak didiknya dalam kegiatan tersebut. “Ini adalah bentuk pengabdian taruna-taruni kami sebagai pemuda bangsa Indonesia dalam bersatu membangun bangsa melalui kampanye keselamatan transportasi jalan agar generasi muda sadar akan pentingnya keselamatan berkendara.” 

Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah, Oke Desiyanto selalu mendampingi selama kegiatan berlangsung. Selain itu, Astra Motor Jateng juga mendukung perlengkapan dan peralatan, sekaligus menyediakan fasilitas service kunjung bekerja sama dengan dealer Nagamas Motor Tegal dan Slawi.

Menurut Oke, ini disiapkan untuk kemudahan melakukan pemeliharaan dan pemeriksaan sepeda motor, agar aman dan siap digunakan kapan pun. “Main dealer Astra Motor Jawa Tengah bersama Kemenhub melalui PKTJ memiliki visi yang sama."

"Yaitu melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang keselamatan transportasi jalan. Sehingga kami akan menguatkan kerja sama program di waktu-waktu yang akan datang,” pungkas Oke. (zul)

Sumber: