Daur Ulang Limbah sampai Sumber Energi Terbarukan Jadi Karya Terbaik AHM Best Student 2022

Daur Ulang Limbah sampai Sumber Energi Terbarukan Jadi Karya Terbaik AHM Best Student 2022

PENJURIAN - Proses penjurian secara langsung kepada salah satu peserta AHM Best Student 2022. (foto: ahm for radartegal.com)--

JAKARTA, radartegal.com - PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan bagi siswa SMA multitalenta terbaik di Tanah Air. Penghargaan itu diberikan pada puncak gelaran Astra Honda Motor Best Student (AHM Best Student) 2022 akhir pekan lalu.

Beragam ide dan karya khas anak muda yang cerdas, diusung dengan mengedepankan kepedulian terhadap isu lingkungan dan sosial di wilayahnya. Sehingga menghasilkan produk alternatif dari pemanfaatan limbah hingga energi terbarukan. 

Memasuki pelaksanaan ke-20, AHM Best Student 2022 yang mengangkat tema “Berkreasi Menebar Inspirasi” menyeleksi karya 622 siswa SMA sederajat dari seluruh Indonesia. Terdapat dua kategori karya yang dinilai pada ajang ini.

Yakni ide dan invensi/temuan dengan topik Social Development Goals (SDG’s) atau tujuan pembangunan berkelanjutan. Selain itu juga didukung keaktifan siswa dalam kegiatan sosial hingga non akademik.

Berdasarkan seleksi berjenjang hingga tingkat nasional, AHM memberikan apresiasi tertinggi level gold untuk ide terbaik kepada Vania Halyadevi dari SMAN 3 Yogyakarta. Siswi ini berupaya meningkatkan kesehatan pada balita melalui ide pembuatan susu olahan dari biji kapuk di lingkungan sekitarnya.

Pada kategori invensi, Sekar Ayu Ramadhani dari SMAN 8 Malang, Jawa Timur, berhasil meraih apresiasi tertinggi level gold. Dia meraihnya melalui karya mesin pengering biji kopi dengan tenaga surya sebagai sumber energi penggerak sistem kerja mesin.

Melalui pengembangan ini, kinerja mesin dapat memangkas waktu proses pengeringan menjadi hanya 1 hari dari sebelumnya 14 hari menggunakan tenaga matahari secara langsung. 

“Alhamdulillah saya berhasil meraih Level Gold pada AHM Best Student 2022. Terima kasih untuk dukungannya. Semoga karya saya ini dapat bermanfaat untuk petani kopi di daerah kabupaten Malang serta menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia“ ujar Sekar Ayu, setelah mengikuti Puncak Acara AHM Best Student 2022 secara daring pada, Sabtu 24 September 2022. 

Karya siswa SMA lainnya yang tak kalah menarik pada kategori ide ditunjukkan oleh Ni Luh Ade Sinta Dewi, wakil dari SMAN Bali Mandara, Buleleng, Bali. Dia berhasil meraih apresiasi level silver.

Dia mengajukan ide energi terbarukan berupa baterai dari limbah kegiatan upacara keagamaan di wilayahnya. Ada juga Nafiz Zayyan Humam dari MAN 2 Kota Bogor, Jawa Barat, yang berhasil meraih level bronze.

Dia mengangkat ide pemanfaatan biomas sawit sebagai bahan pembuatan semikonduktor. Pada kategori invensi, Lu’lu’a Fauzia Nurdin siswa SMAN 1 Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah, berhasil meraih apresiasi level silver.

Dia mengusung tema kesehatan, berupa temuan beras analog dari umbi porang dan tulang sotong. Pada level bronze, terdapat Ardi dari SMKN 1 Suak Tapeh, Banyuasin, Sumatera Selatan yang menghasilkan karya pemanfaatan lemak sapi.

Lemak sapi itu kemudian diubah menjadi cairan biodesel, sabun batang, dan cair dengan pemanfaatan alat rumah tangga sederhana. Penyampaian apresiasi dan penghargaan disampaikan pada acara seminar inspirasi dan penghargaan AHM Best Student 2022 yang dihadiri lebih dari 16.107 orang secara virtual.

Kegiatan ini dimeriahkan oleh tamu yang inspiratif bagi anak muda yaitu Andi Gilang, pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) dan Bintang Emon yang merupakan stand up comedian dan content creator Indonesia. 

Sumber: