Bangun Rumah Pemotongan Unggas, Satu Jam Bisa Potong 2.000 Ekor

Bangun Rumah Pemotongan Unggas, Satu Jam Bisa Potong 2.000 Ekor

MEMBANGUN- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) setempat memulai pembangunan Rumah Pemotongan Unggas (RPU). --

Hari ini (8/7), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) setempat memulai pembangunan Rumah Pemotongan Unggas (RPU). 

Pembangunan RPU yang berada Kelurahan Limbangan Wetan Kecamatan Brebes itu ditandai peletakan batu pertama oleh Bupati Brebes Idza Priyanti. 

Bupati Brebes Idza Priyanti mengatakan, pembangunan RPU ini dibangun di lahan milik Pemkab Brebes. Pembangunan yang bersumber dari DAK tersebut menelan anggaran Rp6,8 miliar. 

Sebelumnya telah dilakukan pengurukan dengan anggaran Rp1 miliar. 

"Jadi kita harapkan pembangunan RPU ini bisa selesai tepat waktu dan tepat guna," ungkapnya didampingi Wakil Bupati Brebes Narjo. 

Sementara, Kepala DPKH Kabupaten Brebes drh Ismu Broto menjelaskan, nantinya RPU ini bisa memotong unggas sebanyak 2.000 hingga 3.000 ekor per jamnya. Tentunya, kata dia, pemotongan tersebut sesuai dengan prosedur yang ada. 

"RPU ini terjamin kebersihannya karena tidak akan ada lalat maupun sentuhan tangan saat proses pemotongan. Bahkan  proses pemotongannya nanti hanya memerlukan waktu 3-5 menit sampai ke freezer," ungkapnya. 

Untuk pengelolaan, nantinya, kata dia, di RPU akan melibatkan pihak ketiga termasuk terkait pemasarannya. Ismu juga menambahkan RPHU juga akan menyerap tenaga kerja yang banyak. 

"Untuk kotorannya bisa dijadikan pupuk, termasuk tulang dan bulu ayam tidak akan dibuang karena semuanya akan dimanfaatkan dengan baik. Soal  ketersediaan unggas nantinya dari masyarakat. Termasuk pemasarannya oleh pihak ketiga akan dikirim sampai ke luar Jawa," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: