Harapan 6 Fraksi DPRD di Hari Jadi Kabupaten Tegal ke 421, Ini Salah Satunya

Harapan 6 Fraksi DPRD di Hari Jadi Kabupaten Tegal ke 421, Ini Salah Satunya

Momen hari jadi Kabupaten Tegal ke 421, enam fraksi DPRD menyampaikan harapan-harapannya. Selain program Pemkab Tegal harus selaras dengan program nasional juga utamanya pada peningkatan infrastruktur.

Ketua Fraksi Partai Golkar, M. Khuzaeni, mengaku jika mendasari amanat Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah (HKPD), ada pembatasan belanja untuk pegawai maksimal 30 persen dari APBD.

Porsi itu disebutkan tidak termasuk untuk tunjangan guru yang berasal dari transfer ke daerah. Meski begitu, penerapan batasan belanja pegawai akan dilakukan secara bertahap selama 5 tahun.

"Selain untuk belanja pegawai, dalam undang-undang itu juga mengatur tentang belanja infrastruktur sebesar 40 persen. 

Dan itu dapat dilakukan secara bertahap," katanya.

Di Pasal 147 ayat (1) UU HKPD, tambah M. Khuzaeni, juga mengatur besaran belanja infrastruktur pelayanan publik minimal 40 persen dari APBD di luar transfer ke daerah bawahan dan desa. Diharapkan, APBD II Kabupaten Tegal harus dikendalikan. 

Pemda harus mampu mengejar terutama untuk belanja-belanja infrastruktur.
Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Nursidik mengatakan hal senada. Dirinya menghendaki, visi misi Bupati Tegal yang menyisakan 2 tahun ini, harus segera diwujudkan.

Utamanya pada infrastruktur jalan, penerangan jalan umum dan menghadirkan para investor. Dirinya tak menampik, di Kabupaten Tegal masih ada beberapa ruas jalan yang belum sesuai harapan dari masyarakat. Termasuk angka pengangguran yang tinggi.

"Bupati harus bisa menarik investor sebanyak-banyaknya. Sehingga angka pengangguran bisa berkurang. Saat ini, angka pengangguran di Kabupaten Tegal sudah mencapai 71 ribu orang atau sekitar 9,97 persen dari jumlah penduduk," ucapnya.

Adapun Ketua Fraksi PKB Miftachudin, Ketua Fraksi Gerindra, Ninik Budiarti, Ketua Fraksi PPP Nurani Rakyat, Naufal Sholeh dan Ketua Fraksi Demokrat Sejahtera (Desa) Sriyanto menghendaki agar program infrastruktur dituntaskan dan dapat mengurangi angka pengangguran. (adv/guh)

Sumber: