Di Brebes, Tri Murdiningsih Sosialisasikan Beasiswa PIP

Di Brebes, Tri Murdiningsih Sosialisasikan Beasiswa PIP

Anggota Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Brebes Tri Murdiningsih mensosialisasikan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) kepada para orang tua dan masyarakat secara langsung di SMP Negeri 1 Bumiayu, Senin (11/4). 

Beasiswa PIP sendiri merupakan kebijakan dari pemerintahan Joko Widodo yang bertujuan membantu biaya pendidikan anak-anak sekolah dari keluarga tidak mampu.   

Untuk jenjang SD, setiap siswa mendapatkan Rp450 ribu dalam setahun. Begitu juga siswa SMP Rp750 ribu dan SMA/SMK Rp1 juta.  

"Sebagai anggota DPRD dan kader PDIP kami berupaya terus melakukan sosialisasi beasiswa PIP ke masyarakat. Dan juga kami memiliki peran untuk memfasilitasi agar PIP benar-benar tepat sasaran," ungkapnya. 

Dijelaskannya, syarat untuk mendapatkan PIP adalah siswa SD, SMP dan SMA/SMK yang bernaung di bawah Kementerian Pendidikan Nasional. Saat ini, kata dia, sudah banyak warga masyarakat terutama dari keluarga tidak mampu, atau masyarakat berpenghasilan rendah, yang mengajukan usulan PIP. 

"Alhamdulilah, warga masyarakat antusias. Karena bisa meringankan pengeluaran keluarga untuk pendidikan anak-anak," jelasnya. 

Ditambahkannya, kepada wali murid yang anaknya menerima beasiswa PIP agar segera melengkapi berkas administrasi. Hal ini agar usulannya cepat diproses pihak sekolah masing-masing. 

"Untuk SMP 1 Bumiayu ada 60 anak mendapat beasiswa PIP. Mudah-mudahan ini bermanfaat untuk menunjang anak-anak sekolah," ucapnya. 

"Kita harapkan dalam waktu dekat setelah dana dicairkan akan dibuka kembali pendaftaran tahap kedua. Ini sebagai bukti komitmen Partai PDI Perjuangan terhadap pendidikan dasar," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: