Kerja Sama dengan Universiti Malaya Malaysia Rangking 63 Dunia, UPS Tegal Kian Mendunia

Kerja Sama dengan Universiti Malaya Malaysia Rangking 63 Dunia, UPS Tegal Kian Mendunia

Universitas Pancasakti (UPS) Tegal menandatangani perjanjian kerja sama secara virtual dengan Universiti Malaya Malaysia di Ruang Senat UPS Tegal, kemarin.

Hadir dalam penandatanganan itu wakil-wakil dari dua perguruan tinggi tersebut secara online. Delegasi dari Universitas Pancasakti Tegal dipimpin Rektor Dr. Taufiqulloh MHum yang didampingi Wakil Rektor I Dr. Purwo Susongko, MPd; Wakil Rektor II Dr. Fajar Ari Sudewo SH MH; dan Wakil Rektor III Dr. Ahmad Hanfan MM.

Selain itu juga ikut hadir Dekan FTIK UPS Tegal Dr. Agus Wibowo MT; Kepala OCIA Dr. Yoga Prihatin MPd; Kepala LPPM Dr. Nurjanah MSi; dan beberapa pejabat lain, utamanya dari Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer.

Sementara itu delegasi dari Universiti Malaya Malaysia dipimpin oleh Professor. Dato Ir. Dr. Mohd. Hamdi Abd Shukor (Vice-Chancellor) didampingi Prof. Ir. Dr. Kaharuddin Dimyati (Dean Of The Fakulty Of Engineering), Madam Noor Lailatul Marini Kamal Amir (Manager Of Administration, Faculty of Engineering), Prof. Ir. Dr. Hazlie Bin Mokhlis (Deputy Dean Of Undergraduate Student, Faculty of Engineering), Assoc. Prof. Ir. Dr. Lai Sai Hin (Deputy Dean Of Research, Faculty of Engineering), Dr. Mohd Usman Mohd Junaidi (Deputy Dean Of Student Affairs, Faculty of Engineering), Assoc. Prof. Ir. Dr. Nik Nazri Nik Ghazali (Senior Lecturer, Faculty of Engineering), dan Miss Fatinurshaira Mohd Yunus (Assistant Registrar, Faculty of Engineering).

Kerjasama UPS Tegal dengan Universiti Malaya yang merupakan universitas terbaik di Malaysia, nomor 9 di Asia, dan urutan 63 di dunia ini, merupakan terobosan baru UPS Tegal untuk semakin dikenal di dunia Internasional.

Tujuannya adalah untuk menjalin dan mengembangkan kerja sama ilmiah di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun program kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi pertukaran mahasiswa dan konferensi Internasional bersama.

Selain itu juga seminar, loka karya, penelitian, publikasi, pertukaran profesor dan peneliti, kuliah, diskusi, pertukaran informasi, pertukaran pustaka, program musim panas, dan e-learning bersama.

Sebagai implementasi MoU dalm waktu dekat, bulan Juli 2022 Fakultas Teknik UPS Tegal menyelenggarakan Call for Paper International Conference terindeks Scopus dan Web of Science dengan mengundang nara sumber dari Universiti Malaya, Malaysia Associate Prof. Dr. Nik Nazri bin Nik Ghazali.  

Rektor UPS Tegal, Dr. Taufiqulloh, M.Hum mengatakan dengan menggandeng universitas ranking 63 dunia ini akan membawa banyak manfaat bagi kedua belah pihak. UPS Tegal akan belajar untuk memperoleh akreditasi Internasional, dan terus mengembangkan sumber daya manusia di lingkungannya agar mampu bersaing secara global.

"UPS Tegal merasa bangga, karena mampu menjalin kerjasama dengan universitas terbaik di Malaysia ini. Terima kasih kepada Kantor Kerjasama dan Urusan Internasional UPS Tegal serta semua pihak yang telah membantu. Apresiasi setinggi-tingginya atas raihan yang telah dicapai ini,“ ucap Rektor. (zul/rtc)

Sumber: