Cukup Pakai Kartu BPJS Kesehatan, RSUD Suradadi Bisa DilayaniEndoskopi Pasiennya

Cukup Pakai Kartu BPJS Kesehatan, RSUD Suradadi Bisa DilayaniEndoskopi Pasiennya

Cukup dengan membawa kartu BPJS Kesehatan, pasien yang akan diperiksa menggunakan alat endoskopi bisa dilayani di RSUD Suradadi. Karena pelayanan RSUD Suradadi Kabupaten Tegal kini semakin meningkat dan baik. 

Plt Direktur RSUD Suradadi, dr A. Hofur MKes, Sabtu (9/4), mengatakan, pelayanan yang terbaru yakni endoskopi. Bagi masyarakat atau pasien yang hendak diperiksa menggunakan alat tersebut, bisa menggunakan kartu BPJS Kesehatan.

Alat endoskopi ini merupakan salah satu teknologi terkini untuk pemeriksaan saluran pencernaan. Alat ini digunakan untuk suatu tindakan nonbedah.

Yakni, untuk memeriksa saluran pencernaan pasien dengan menggunakan sebuah alat kamera yang di design khusus dan ditampilkan secara langsung pada layar monitor.

"Sekarang RSUD Suradadi sudah mampu melakukan tindakan endoskopi atau orang awam sering menyebutnya teropong lambung," katanya.

Penanggungjawab Unit Endoskopi RSUD Suradadi, dr. M. Lukman, SpPD, menjelaskan, tujuan dilakukannya endoskopi itu yakni untuk pemeriksaan gejala, diagnosa penyakit, deteksi dini adanya kanker, dan penanganan penyakit.

Sehingga mempermudah dokter melakukan pengobatan dalam memberikan terapi obat. "Biasanya dokter akan menyarankan ke pasien untuk dilakukan pemeriksaan endoskopi apabila pasien mempunyai masalah pada saluran pecernaan seperti nyeri atau sulit menelan, mual muntah, nyeri daerah ulu hati dan lambung sulit buang air besar (BAB), BAB lendir darah, dan diare berulang," ucapnya.

Dirinya menambahkan, keunggulan dari endoskopi ini adalah dokter dapat melihat organ dalam tubuh pasien tanpa harus dilakukan operasi, sehingga mempermudah dokter dalam mendiagnosa penyakit dan efektif dalam pengobatan. (adv/guh/zul)

Sumber: