Siap-siap Tawuran Sebelum Sahur, 17 Remaja di Brebes Diamankan Polisi dari Dua Lokasi Berbeda

Siap-siap Tawuran Sebelum Sahur, 17 Remaja di Brebes Diamankan Polisi dari Dua Lokasi Berbeda

Polres Brebes berhasil menggagalkan aksi tawuran di dua tempat berbeda, Rabu (6/4) dini hari WIB. Sedianya, sejumlah remaja sudah bersiap-siap tawuran di Desa Banjaranyar Kecamatan Brebes dan sekitar Alun-alun Brebes. 

Beruntung rencana itu berhasil diendus Tim Patroli Sat Samapta. Dari dua tempat itu, polisi berhasil mengamankan 17 remaja yang diduga sedang bersiap-siapa melakukan tawuran.

Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto melalui Kepala Sat Samapta Polres Brebes AKP Suraedi membenarkan penggagalan aksi tawuran yang hendak dilakukan sekelompok remaja tanggung tersebut. Kasat Samapta tak menampik keberhasilan itu tidak lepas dari pro aktifnya warga yang melaporkan kondisi di sekitarnya. 

"Total ada 17 anak remaja yang kita amankan saat patroli yang dilakukan di dua tempat yang berbeda," ujarnya melalui sambungan telepon genggamnya. 

Yang pertama, jelas Suraedi, patroli ini dilakukan lantaran adanya laporan dari masyarakat adanya rencana aksi tawuran di Desa Banjaranyar wilayah hukum Polres Brebes. Kemudian, pihaknya mengamankan lima remaja yang hendak melakukan aksi tawuran. 

"Kelima remaja yang diamankan dibawa ke Mapolres Brebes guna dilakukan pembinaan (membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatan tersebut)," jelaanya. 

Yang kedua, pihaknya mengamankan 12 remaja yang hendak melakukan aksi taeuran di Alun-Alun Brebes wilayah hukum Polres Brebes. Sama seperti di wilayah Banjaranyar, belasan remaja yang diamankan tersebut dibawa ke Polres Brebes untuk dilakukan pembinaan dan membua tsurat pernyataan tidka mengulanginya lagi. 

"Selama patroli ini kita lebih mengedepankan humanis. Dan kami juga memberika  arahan kepada para remaja bahwa apa yang dilakukannya itu tidak benar. Selain membahayakan orang lain, bahwa aksi tawuran juga membahayakan diri sendiri," ucapnya. 

"Dan kami juga memberikan arahan kepada orang tua agar selalu memerhatikan anak-anaknya. Jangan sampai, aksi yang sama terulang kembali," lanjutnya. 

Lebih lanjutnya, dirinya mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan antisipasi tindak kejahatan selama bulan puasa ini dengan patroli rutin yang dilakukan anggotanya. Salah satunya mengantisipasi terjadinya tawuran. 

"Selain itu, kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati saat beraktivitas," pungkasnya. (ded/zul)

Sumber: