Perbaikan Infrastruktur Jalan Dominasi Usulan Musrenbang Kecamatan Losari, Brebes

Perbaikan Infrastruktur Jalan Dominasi Usulan Musrenbang Kecamatan Losari, Brebes

Pemkab Brebes mulai melakukan penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Tahun Anggaran (TA) 2023. Tahapannya saat ini sudah memasuki musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tingkat kecamatan. 

Salah satunya yakni di Kecamatan Losari. Bertempat di Aula Kecamatan Losari, Musrenbang tingkat kecamatan dihadiri beberapa anggota DPRD Brebes dari Daerah Pemilihan (Dapil) wilayah Kecamatan Losari. 

Anggota DPRD Brebes dari Partai Hanura, Waidin mengatakan, sesuai Undang-undang 25 tahun 2004 tentang Perencanaan Pembangunan Nasional, dan Undang-undanh 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, maka dalam rangka membuat dokumen RKPD diharapkan bisa menyerap usulan masyarakat melalui musrenbang desa, kecamatan, dan kabupaten. 

"Untuk Musrenbang Kecamatan Losari 2022 untuk kegoatan pembangunan tahun 2023 tadi siang memghasilkan usulan prioritas pembangunan di desa yang akan dibawa oleh tim delegasi kecamatan  ke musrenbang kabupaten," ungkapnya. 

Dijelaskannya, ada beberapa usulan yang diusulkan dalam musrenbang tingkat kecamatan tersebut. Hampir semua usulannya adalah perbaikan jalan kabupaten dan jalan poros antar desa yang hampir 70% mengalami kerusakan berat dan tidak layak pakai bahkan mengancam keselamatan pengguna jalan. 

"Hampir keseluruhan usulan dalam musrenbang di Kecamatan Losari mengusulkan perbaikan infrastruktur. Dan kita akan berupaya terus mengawalnya agar bisa terlealisasi," jelasnya. 

Ditambahkannya, .inimnya anggaran dengan jumlah desa yang cukup banyak maka Kecamatan Losari perlu tambahan anggaran sampai tiga kali lipat untuk mempercepat menyelesaikan pembangunan di semua desa.

Begitu juga kantor kecamatan sebagai pusat pelayanan sangat perlu relokasi di lokasi tanah milik pemda yang luasnya ada 2 hektare (ha), sehingga layanan ke masyarakat cepat tersampaikan. 

Hal senada juga diungkapkan anggota DPRD lainnya dari Partai Golkar M. Khajirin. Dikatakannya, ada 10 usulan yang dihasilkan dalam musrenbang Kecamatan Losari. 

"Tadi ada 10 usulan yang bakal dibawa ke musrenbang tingkat kabupaten. Kami, dari wakil rakyat akan terus berupaya mengawal usulan yang diusulkan tadi," singkatnya. (ded/zul)

Sumber: