Pastikan Nelayan Bisa Melaut dengan Tenang, Wali Kota Dedy Yon: Saya Siap Menghadap Pak Ganjar

Pastikan Nelayan Bisa Melaut dengan Tenang, Wali Kota Dedy Yon: Saya Siap Menghadap Pak Ganjar

Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono memastikan dalam waktu dekat nelayan akan segera bisa melaut dan mencari ikan dengan dengan tenang. Karenanya, dia berharap dukungan dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. 

“Mudah-mudahan Pak Gubernur akan secepatnya merealisasikannya. Mohon dukungannya dari DKP Provinsi Jawa Tengah agar solusi ini biar tetap jalan," katanya. 

Menurut Dedy Yon, rata-rata nelayan di Kota Tegal melaut tidak lebih dari tiga bulan dan cepat satu bulan setengah. Karenanya, dirinya siap mendampingi nelayan hingga surat yang dibutuhkan keluar. 

"Saya harap nanti Kepala DKP menghadap Gubernur. Kalau perlu saya ada di sebelahnya saya ikut Pak, dan biar lebih mantap lagi ketua HNSI juga menyaksikan bila perlu Ketua DPRD Kota Tegal mewakili pemilik kapal juga ikut," jelasnya. 

Ketua DPD HNSI Jawa Tengah Riswanto mengatakan nantinya akan diberikan surat edaran deskresi untuk melaut satu trip. Pihaknya akan menunggu surat edaran itu sampai ke tingkat menteri. 

"Tentunya untuk yang saat ini berproses perizinan peralihan. Paling tidak satu trip," ujarnya. 

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan, Jawa Tengah, Kurniawan Priyo Anggoro mengatakan, dirinya akan melaporkannya terlebih dulu kepada Kepala Dinas dan ke Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Harapannya, kementerian terkait yaitu Kementerian Kelautan akan segera ditindaklanjuti. 

“Kami sudah mengusulkan ke Gubernur terkait dengan rencana pemberian diskresi untuk satu kali melaut, satu kali trip. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini akan segera dilaksanakan jadi pemilik kapal bisa memberangkatkan kapalnya,” tandasnya. (muj/zul)

Sumber: