Antisipasi Kebakaran, Kapal di Pelabuhan Kluwut Diminta Miliki Alat Pemadam Kebakaran

Antisipasi Kebakaran, Kapal di Pelabuhan Kluwut Diminta Miliki Alat Pemadam Kebakaran

Antisipasi kebakaran yang terjadi pada kapal di Pelabuhan Tegal, sejumlah kapal yang ada di Pelabuhan Kluwut diminta untuk melengkapinya dengan alat pemadam kebakaran. Hal itu, sebagai upaya salah satu antisipasi terjadinya musibah kebakaran. 

Seperti diketahui, di Pelabuhan Kluwut beberapa waktu lalu juga sempat ada satu buah kapal yang terbakar. Beruntung, kebakaran tersebut tidak merembet ke kapal lain yang kala itu sedang bersandar di pelabuhan. 

"Kejadian kebakaran di Pelabuhan Tegal kemarin menjadi pelajaran kita semua. Untuk itu perlu kita harapkan dapat mengantisipasi agar kejadian serupa tidak terjadi di Pelabuhan Kluwut," ujar Wakil Ketua DPRD Brebes Teguh Wahid Turmudi, Senin (31/01) sore. 

Dijelaskannya, Dinas Perikanan Kabupaten Brebes diharapkan bisa berkoordinasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) agar bisa mengambil langkah-langkah terbaik untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran kapal di Pelabuhan Kluwut. 

Misalnya, jika sumber api berasal dari konsleting listrik di kapal, maka harus ada pembenahan penempatan kapal-kapal yang mendarat di Pwlabuhan Kluwut, sehingga bahaya kebakaran dan dampaknya bisa diminimalisir 

"Namun, apabila disebabkan oleh human eror, maka harus ada edukasi pembekalan pembelajaran kepada para anak buah kapal ( ABK) yang berjaga," jelasnya. 

"Paling tidak para ABK bisa memahami cara pencegahan dan penanganan bilamana kebakaran terjadi, termasuk adanya ketersediaan peralatan alat pemadam kebakaran juga harus diperhatikan," lanjutnya. 

Sementara para nelayan di Pelabuhan Kluwut telah berkoordinasi dan komunikasi antara dengan Tim Damkar Tanjung. Di mana petugas damkar akan melakukan patroli setiap saat di Pelabuhan Kluwut sebagai salah satu upaya meminimalisir terjadinya musibah kebakaran. (ded/ima)

Sumber: