Diduga Dukung Kandidat Capres 2024, Ketua NU Banyuwangi dan Sidoarjo Dipangil Gus Yahya

Diduga Dukung Kandidat Capres 2024, Ketua NU Banyuwangi dan Sidoarjo Dipangil Gus Yahya

Ketua Pengurus Cabang NU (PCNU) Kabupaten Banyuwangi dan Sidoarjo langsung dipanggil PBNU terkait dugaan keterlibatan politik praktis. Kegiatan politik praktis itu berupa dukungan bagi bakal calon presiden 2024.

"Atas arahan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, kami secara resmi memanggil Ketua Cabang NU Banyuwangi dan Sidoarjo," kata Ketua PBNU Amin Said Husni melalui keterangan tertulisnya, Minggu (23/1).

Pemanggilan itu tertuang dalam surat resmi yang diteken langsung Ketua PBNU Amin Said Husni dan Wakil Sekretaris Jenderal Nur Hidayat.

PBNU menerima laporan adanya agenda politik Pemilihan Presiden 2024 yang melibatkan PCNU Banyuwangi. Bahkan, kegiatan itu juga digelar di Kantor PCNU Banyuwangi pada Rabu (19/1), dengan mendatangkan salah satu bakal calon presiden.

Pemanggilan PCNU Sidoarjo dilandasi adanya laporan kegiatan yang diinisiasi DPC PKB Sidoarjo serta melibatkan seluruh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) se-Kabupaten Sidoarjo.

Terkait hal tersebut, Ketua PCNU Banyuwangi dan Sidoarjo diminta segera membuat laporan tertulis dan lengkap. Serta dikirim secara langsung kepada Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf di Kantor PBNU. (faq/rm/zul)

Sumber: