Rusak dan Berlubang, Jalan Kabupaten di Ruas Banjarhajo-Parereja Butuh Perhatian

Rusak dan Berlubang, Jalan Kabupaten di Ruas Banjarhajo-Parereja Butuh Perhatian

Ruas jalan kabupaten di Desa Banjarharjo-Parereja di Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes mulai rusak berlubang. Akibatnya, jalan sering tergenang air dan licin sehingga membahayakan bagi pengguna jalan. 

Perangkat desa di Desa Parereja Kecamatan Banjarharjo Adiana mengatakan  ruas jalan kabupaten yang rusak di desanya kurang lebih panjangnya 250 meter. Ditambah, ruas jalan kabupaten di Desa Banjarharjo kurang lebih 250 meter.

"Total jalan kabupaten dari Banjarharjo ke Parereja itu ada 500-an meter yang rusak," ungkapnya saat ditemui di kantornya, Jumat (21/1).

Dijelaskannya, sudah beberapa tahun terakhir tidak ada perbaikan di ruas jalan yang merupakan milik kabupaten tersebut. Alhasil, semakin ke sini, kerusakan yang ditimbulkan lebih banyak lagi. 

"Memang dulu ada sebatas pengurukan, tapi sekarang sudah mulai berlubang lagi. Dan kondisi ini sangat mengganggu aktivitas warga yang melintas," ujarnya. 

Disebutkannya, akses ini merupakan jalan utama masyarakat yang ingin menuju ke kantor Kecamatan Banjarharjo. Bahkan, tidak jarang ada warga yang terjatuh akibat tidak tahu medan di jalan tersebut. 

"Akses ini merupakan jalan utama dari desa lain yang akan ke kecamatan atau pun pasar. Jadi, terkadang ada warga yang ingin ke pasar masih gelap dan tidak tahu medan sehingga terjatuh," ucapnya. 

"Jadi, kami dari pemerintah desa berharap jalan yang berlubang ini bisa segera ada perbaikan, baik itu pengaspalan ataupun pengurukan. Sehingga, aktivitas warga lancar," lanjutnya. 

Salah seorang pengguna jalan Dedi (29) mengaku harus ekstra hati-hati saat melintas jalan tersebut. 

Pasalnya, lubang yang ada di ruas jalan tersebut berdiameter sangat lebar dan kedalamannya juga bervariasi. 

"Ya harapannya jalan ini bisa ada perbaikan. Kalaupun belum bisa diaspal, minimal ada pengurukanlah. Sehingga, warga bisa nyaman saat berkendara," singkatnya. (ded/ima)

Sumber: