Cegah Kecelakaan, Lalu Lintas di Kawasan Alun-alun Hanggawana Dialihkan

Cegah Kecelakaan, Lalu Lintas di Kawasan Alun-alun Hanggawana Dialihkan

Jalan di kawasan Alun-alun Hanggawana Slawi, Kabupaten Tegal dialihkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub). Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas (laka lantas). 

Kepala Dishub Kabupaten Tegal, Uwes Qoroni mengatakan di kawasan Alun-alun Hanggawana memang sering terjadi kecelakaan lalu lintas. Sehingga Dishub berinisiatif untuk mengalihkan arus dengan menggunakan water barier.

Water barier itu dipasang di dua titik, yakni di perempatan jalan sebelah timur dan barat komplek Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal.

"Untuk kendaraan dari arah selatan ke utara tidak boleh belok ke kanan. Jika ingin ke arah timur harus belok ke kiri dan memutar ke alun-alun," ujarnya. 

Setelah beberapa hari dilakukan penutupan, tambah Uwes Qoroni, ternyata bisa mengurangi kecelakaan lalu lintas. Meski demikian, kebijakan penutupan jalan tidak akan permanen.

Dishub akan melihat dulu respon dari masyarakat seperti apa. "Tapi saya yakin masyarakat banyak yang setuju, karena apa yang kita lakukan demi keamanan bersama," tambahnya.

Relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal, Akrimatul Auza mengaku sering melihat kecelakaan lalu lintas di kawasan Alun-alun Hanggawana saat piket di Kantor BPBD Kabupaten Tegal, yang lokasinya di sebelah timur Alun-alun. 

"Sering sekali terjadi kecelakaan di sana. Seringnya sepeda motor sama sepeda. Tapi pernah juga mobil dengan motor," ungkapnya. (guh/zul)

Sumber: