Mahasiswa Pasca Sarjana UPS Tegal Belajar Langsung Kelola Perusahaan di PT Kimia Farma

Mahasiswa Pasca Sarjana UPS Tegal Belajar Langsung Kelola Perusahaan di PT Kimia Farma

Mahasiswa Magister Manajemen (MM) Pasca Sarjana Universitas Pancasakti (UPS) Tegal melakukan kegiatan kuliah kunjungan perusahaan (KKP) ke PT. Kimia Farma Jakarta, Kamis-Sabtu (13-15/1) lalu.

KKP ini diikuti dosen pendamping dan 31 mahasiswa pasca sarjana angkatan XIII didampingi Direktur Pasca Sarjana, Prof. Siti Hartinah DS MM yang diwakili Sekdir Pasca Sarjana Dr. Soesi Idayanti MH. 

Kepala Prodi Magister Managemen Pasca Sarjana UPS Tegal, Dr. Mahben Jalil SE MM mengatakan KKP adalah acara rutin yang diadakan prodi magister managemen (MM) pasca sarjana sebagai penunjang akademik. 

"Alhamdulillah bahwa di perusahaan tersebut, KKP benar-benar memberikan kami gambaran tentang materi dan praktik pengelolaan perusahaan di sana. Ini sebagai tindak lanjut dari materi yang pernah disampaikan saat perkuliahan," ujarnya

Tentang materi mata kuliah yang sudah diperoleh sebelumnya, papar Mahben, antara lain manajemen operasional, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, dan manajamen SDM semua sudah disampaikan saat perkuliahan.

"Kami semua sangat puas mendapatkan penjelasan bagaimana mereka mengelola PT.Kimia Farma, dan kami sangat bangga pada PT. Kimia Farma, karena mereka memiliki tutorial dan manajer yang sangat muda-muda dan cerdas," tambah Mahben
 
KKP dilaksanakan pada tiap semester, baik ganjil maupun genap, sebagai penunjang akademik. Biasa diikuti mahasiswa pasca sarjana yang sudah semester 2, karena di semester 4 lebih difokuskan pada penulisan tugas akhir (tesis). 

Mahben menyampaikan tujuan KKP, utamanya untuk memenuhi kegiatan penunjang akademik dengan tuntutan sertifikasi surat keterangan pendamping ijazah (SKPI). Yaitu dengan praktik langsung ke perusahaan yang menjadi tujuan.

"Selain itu juga mengimplementasikan teori ke dalam praktik atau melihat secara langsung kegiatan perusahaan yang dikunjungi dan alhamdulillah mendapat respon yang positif," tutup Mahben. (zul)

Sumber: