Pemkot Tegal Gunakan Vaksin Pfizer untuk Vaksinasi Booster Dosis Ketiga

Pemkot Tegal Gunakan Vaksin Pfizer untuk Vaksinasi Booster Dosis Ketiga

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap ketiga atau booster direncanakan bakal segera di gelar di Kota Tegal. Rencananya, Pemkot Tegal akan menggunakan vaksin jenis Pfizer di awal pelaksanaannya. 

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan pihaknya bergerak cepat untuk menindaklanjuti instruksi Pemerintah Pusat agar melaksanakan vaksinasi booster. Pemkot telah mengajukan permohonan 20.000 dosis Pfizer ke Dinas Kesehatan Provonsi Jawa Tengah. 

Menurut Dedy Yon, Pemkot memprioritaskan pelaksanaan vaksinasi booster bagi kepada lansia mulai dari 60-102 tahun dengan jumlah mencapai sekitar 23.000 orang. Pihaknya, juga akan terus menerus melakukan percepatan vaksinasi. 

"Dengan percepatan tersebut Kota Tegal sudah memenuhi syarat melaksanakan vaksinasi booster," tandasnya. 

Dedy Yon menambahkan, daerah-daerah yang diperbolehkan melaksanakan vaksinasi booster, yang capaian dosis pertama minimal 70 persen dan dosis ke dua minimal 60 persen dengan interval waktu dari vaksinasi dosis ke 2 minimal 6 bulan 1 hari. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr. Sri Primawati Indraswari mengatakan untuk vaksin primer atau dosis pertama dan kedua Sinovac, akan diberikan vaksin booster setengah dosis Pfizer atau AstraZeneca. Untuk vaksin primer AstraZeneca akan diberikan vaksin booster setengah dosis Moderna. (muj/zul)

Sumber: