Memprihatinkan, Begini Kondisi Rumah Peninggalan Pensiunan Polisi di Brebes

Memprihatinkan, Begini Kondisi Rumah Peninggalan Pensiunan Polisi di Brebes

Sebuah rumah peninggalan pensiunan polisi di Kabupaten Brebes kondisinya sangat memprihatinkan. Rumah yang berada di Jalan Kartika RT 02 RW 06 Desa Kaligangsa Kulon Kecamatan Brebes tersebut milik pensiunan polisi Almarhum Handono. 

Informasi yang diterima di lapangan, almarhum merupakan seorang pensiunan polisi. Saat ini, rumahnya ditempati oleh sang anak. 

Bahkan, belum lama ini bagian atap teras rumah sempat ambruk. Namun, lewat swadaya warga setempat atap tersebut sudah diperbaiki. 

Untuk kondisi lainnya seperti di dalam ruang tamu sekaligus ruang tengah, kamar, hingga dapur dan kamar mandi masih memprihatinkan. Selain dinding tembok retak, atap rumah juga jebol. 

Almrhum Handono sendiri merupakan pensiunan polisi tahun 1991. Terakhir berdinas di Polsek Larangan, Brebes. Saat ini, rumah itu ditempati anaknya, Sulasmi (50) seorang janda yang memiliki empat orang anak. 

"Sejak kecil saya tinggal di rumah ini bersama orang tua saya. Dan saat ini, orang tua saya sudah meninggal," ujarnya, Kamis (13/1). 

Belum lama, atap teras rumah ambruk. Beruntung oleh warga sekitar telah diperbaiki. Namun, kondisi rumah yang ditempatinya memprihatinkan. 

Diakuinya, sejumlah bagian rumah yang ditempatinya itu sudah dalam kondisi yang memprihatinkan. Bahkan, di dalam rumah selalu banjir karena tidak memiliki buangan saluran air. 

"Selain dinding tembok retak, atap eternit rumah juga sudah jebol. Saya khawatir menempati rumah ini karena rawan ambruk," jelasnya. 

Diakuinya, dirinya tak memiliki uang untuk bisa memperbaiki rumah warisan orang tuanya tersebut. Karena untuk kebutuhan sehari-hari harus mengandalkan bantuan orang lain. 

Maklum saja, saat ini dirinya sudah tidak lagi bekerja menjadi sales karena harus merawat salah satu anaknya yang sakit. Sehingga harus menjaganya di rumah setiap hari. 

"Saya berharap pemerintah bisa membantu keluarga kami untuk bisa memperbaiki rumah yang kami tempati ini," ucapnya. 

Terpisah, Kepala Dinas Perumahan Kawasan dan Pemukiman (Dinperwaskim) Brebes Sutrisno mengatakan, pihaknya sudah mendengar informasi keluarga tersebut. Bahkan, pihaknya sudah menerjunkan tim untuk mengecek lokasi rumah tersebut pada Rabu (12/1) lalu. 

"Kami sudah survei ke lokasi, dan insya Allah di tahun 2022 ini akan kita tindak lanjuti untuk diberikan bantuan rumah yang lebih layak," singkatnya. (ded/ima)

Sumber: